Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Air Kurangi Jatah Bagasi Gratis Jadi 15 Kg! Ini Penjelasannya

Lion Air mengurangi jatah bagasi gratis menjadi hanya 15 kg untuk rute domestik tertentu di Indonesia bagian timur.
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pesawat Lion Air terparkir di Apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Lion Air menyesuaikan volume bagasi gratis dari yang semula 20 kg menjadi 15 kg khusus rute domestik tertentu.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan penyesuaian tersebut dilakukan khusus 8 rute di Indonesia bagian timur.

"Penyesuaian bagasi tersebut berlaku mulai 1 April 2023," katanya dalam siaran pers, Minggu (2/4/2023).

Dia menuturkan penyesuaian total bagasi gratis menjadi 15 kg dapat berdampak pada pergerakan komoditas dan produk UMKM dari dan menuju Indonesia bagian timur.

Danang menyebutkan rute yang terdampak penyesuaian bagasi gratis menjadi 15 kg tersebut antara lain di
Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sultan Babullah Ternate, Bandara Dominie Eduard Osok Sorong, dan Bandara Rendani Manokwari.

Selain itu termasuk di Bandara Mozes Kilangin Timika Mimika, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sentani Jayapura, dan Bandara Mopah Merauke.

Dia mengatakan penyesuaian berlaku khusus pembelian tiket pesawat Lion Air (tiket yang diterbitkan) pada 1 April 2023 dan periode terbang dimulai 1 April 2023.

"Apabila calon penumpang membeli tiket sebelum 1 April 2023 dan berangkat pada 1 April 2023 seterusnya, masih mendapatkan bagasi gratis 20 kg," tuturnya.

Dia menambahkan, apabila calon penumpang memiliki penerbangan lanjutan (connecting flight atau transit) meliputi dari dan tujuan delapan destinasi, tetap mengacu pada bagasi cuma-cuma terbesar setelah dibandingkan antara dua atau lebih maskapai serta rute yang digunakan (dilalui).
 
Misalnya, pada keberangkatan Kamis (13/4/2023), untuk penerbangan Lion Air Jakarta ke Makassar (mendapat bagasi 20 kg), lalu lanjut Makassar ke Merauke (mendapat bagasi 15 kg). Dengan demikian, penumpang Lion Air rute Jakarta ke Makassar akan menerima gratis bagasi yang tercatat paling besar di antara kedua sektor rute.

"Maka, calon penumpang memperoleh 20 kg pada sektor Jakarta-Makassar-Merauke," terangnya.

Demikian pula, dengan keberangkatan pada penerbangan transit kombinasi Lion Air dan Batik Air. Misalnya, Batik Air dari Jakarta ke Makassar (20kg), kemudian Lion Air Makassar ke Merauke (15kg). Maka, penumpang memiliki gratis bagasi tercatat paling besar di antara kedua sektor rute, yakni calon penumpang memperoleh 20 kg untuk rute Jakarta-Makassar–Merauke.

Danang mengimbau calon penumpang agar tidak khawatir terkait penyesuaian ini. Sebab, bagi yang memesan tiket penerbangan domestik untuk Sabtu (1/4/2023) dan setelahnya, serta ingin menambah kuota bagasi, tetap dapat membeli bagasi pra-pesan (pre-paid baggage) maksimum 30 kg ketika memesan tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper