Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cair 30 Maret! Ini Cara Cek Daftar Penerima Bansos Pangan 2023

Bansos pangan akan mulai disalurkan pada Kamis, 30 Maret 2023. Berikut ini cara cek daftar penerima di cekbansos.kemensos.go.id.
Buruh melakukan bongkar muat karung berisi beras di Gudang Bulog Divre Jawa Barat di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Bisnis/Rachman
Buruh melakukan bongkar muat karung berisi beras di Gudang Bulog Divre Jawa Barat di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras, telur, dan daging ayam akan mulai disalurkan pada Kamis, 30 Maret 2023.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, menyampaikan penyaluran bansos sebagai upaya meredam inflasi tersebut akan diberikan kepada 21,353 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“[Penyaluran] mulai 30 Maret 2023. 21,535 juta KPM, selama 3 bulan. Pemerintah menugaskan Bulog untuk eksekusi,” kata Arief, Minggu (26/3/2023).

Dia menuturkan, nantinya masing-masing KPM akan menerima bantuan sebanyak tiga kali dengan mekanisme penyaluran satu bulan satu kali.

Pemerintah telah menyiapkan sekitar 210.000 ton beras per bulan, masing-masing keluarga akan menerima sebanyak 10 kilogram (kg), terhitung mulai Maret hingga Mei 2023.

Sementara itu, untuk bantuan berupa telur dan daging ayam, direncanakan masing-masing keluarga akan menerima minimal 1 kg bahan pangan tersebut.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Isa Rachmatarwata, menyampaikan hingga saat ini anggaran untuk beras masih dalam proses, sedangkan untuk telur dan daging ayam, Bapanas masih merampungkan mekanismenya.

“Anggaran untuk bantuan beras sedang berproses, sedang untuk ayam dan telur Bapanas sedang merampungkan petunjuk teknisnya,” kata Isa, Minggu (26/3/2023).

Adapun, bansos pangan yang akan diberikan untuk tiga kali penyaluran tersebut, DJA memberikan anggaran sebesar Rp7,8 triliun untuk beras dari Perum Bulog dan Rp450 miliar untuk telur dan daging ayam.

"Total untuk berasnya Rp7,8 triliun, itu sudah termasuk biaya pembagian dan segalanya ya. Kalau telur dan ayam itu sekitar Rp450 miliar," jelasnya.

Masyarakat dapat mengecek data penerima manfaat bantuan sosial (bansos) melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut ini Cara Cek Penerima Bansos 2023 di cekbansos.kemensos.go.id:

1. Buka laman website https://cekbansos.kemensos.go.id/

2.  Kemudian jika sudha berada laman cekbansos.kemensos.go.id, maka masukan wilayah penerima manfaat berupa; Provinsi, Kab/Kota, Kecamatanm dan Desa. isi data wilayah penerima manfaat

3. Masukan nama penerima manfaat harus sesuai dengan data yang tertera di e-KTP atau Dukcapil.

4. Ketik huruf kode chapta

5. Setelah itu tinggal klik 'Cari Data'

6. Maka sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama Penerima Manfaat jika data tersebut terdaftar sebagai penerima bansos. Demikian cara mengecek penerima bansos 2023 bisa melalui laman website resmi di cekbansos.kemensos.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper