Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Singapura Bidik Potensi Ekspansi Usaha di KEK Nongsa Digital Park Batam

DP merupakan KEK seluas 166,45 hektare di Batam yang dikembangkan dengan infrastruktur penunjang ekonomi digital, termasuk pusat data.
Ilustrasi - Pelabuhan di Batam/humas.bpbatam.go.id
Ilustrasi - Pelabuhan di Batam/humas.bpbatam.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Citramas Group berhasil menarik minat pelaku usaha strartup dan industri asal Singapura untuk membuka usaha di kawasan tersebut. 

Sebagai informasi, NDP merupakan KEK seluas 166,45 hektare di Batam yang dikembangkan dengan infrastruktur penunjang ekonomi digital, termasuk pusat data. Adapun, KEK NDP memiliki target total investasi sebesar Rp39,9 triliun dengan target penyerapan tenaga kerja sebesar 16.500 orang pada 2040.

CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan NDP merupakan proyek ekspansi dari Digital Hub yang dikembangkan Sinar Mas Land dan Citra Mas Group di wilayah Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. 

"NDP diperkuat dengan keberadaan digital talent pool yang sangat memudahkan perusahaan-perusahaan terutama dari ASEAN untuk berekspansi ke sini," kata Irawan dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (18/3/2023). 

Menurutnya, Digital hub yang telah dikembangkan sejak tahun 2021 ini telah berkembang sebagai ruang kerja bagi puluhan perusahaan yang berbasis di Singapura, sekaligus menyaluran ratusan SDM digital Indonesia ke berbagai perusahaan teknologi internasional. 

"Hal ini tidak lepas dari kerja sama dengan Glints, sebuah situs pencarian pekerjaan asal Singapura yang juga memiliki kantor cabang di NDP," ujarnya. 

Glints secara berkala membawa calon klien prospektif ke NDP agar dapat melihat langsung ruang kerja, lingkungan kantor, serta kecakapan tenaga kerja lulusan sekolah digital dari ekosistem NDP. 

Irawan menerangkan, NDP dilengkapi dengan fasilitas digital yang lengkap, mulai dari pusat pendidikan digital, co-working space, perkantoran, kawasan industri animasi, dan perfilman hingga pusat data center.

Di samping itu, Commercial Director Glints, Puay Lim menjelaskan bahwa NDP merupakan salah satu gerbang Singapura untuk merambah ketersediaan tenaga kerja global. 

"Kawasan ini menyediakan banyak tenaga kerja. Dengan jarak tempuh yang singkat hanya satu jam saja dari Singapura, perusahaan Singapura dapat menemukan talent yang bertaraf internasional, yang mampu menghasilkan produk digital yang dapat bersaing di mancanegara," terangnya. 

Sebagaimana diketahui, kawasan ini memiliki lokasi yang strategis, hanya 35 menit dari Singapura dengan feri dan berjarak 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

Dia meyakini bahwa NDP dapat menghasilkan SDM berkualitas dengan adanya pusat-pusat pendidikan dan pelatihan digital yang secara konsisten juga membantu peningkatan mutu dan keahlian.

Hal ini lantaran kawasan NDP yang dilengkapi dengan berbagai kegiatan vokasi digital seperti Infinite Learning-Apple Developer Academy dan Purwadhika Digital Technology School. 

Senada, Executive Director Citramas Group, Marco Bardelli menuturkan, ekosistem NDP telah diisi oleh perusahaan-perusahaan ternama yang beroperasi di sektor Ekonomi Digital secara luas, aktivitas EdTech, dan lainnya.  

"NDP menawarkan peluang bagi talenta Indonesia untuk meningkatkan keterampilan mereka sendiri melalui serangkaian inisiatif pendidikan kejuruan yang unggul dan menemukan peluang kerja di ekosistem kami," tuturnya. 

Digital hub itu juga dapat menarik talenta digital Indonesia untuk menciptakan lapangan kerja dan mendukung kegiatan bisnis dan teknologi untuk perusahaan internasional, khususnya yang berbasis di Singapura, yang dikenal sebagai koridor pendanaan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Dia mencontohkan salah satu keberhasilan NDP yaitu menjadi rumah bagi Infinite Studios yang mengoperasikan studio animasi digital dan soundstage studio terbesar di wilayah tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper