Bisnis Penyewaan Ruang Kerja Kian Menjanjikan

Pandemi telah mendorong perusahaan untuk melakukan penyesuaian termasuk dalam hal cara kerja, hal ini membuat bisnis penyewaan ruang kerja kian menjanjikan.
Foto: Ilustrasi Ruang kerja/Istimewa
Foto: Ilustrasi Ruang kerja/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi telah mendorong perusahaan untuk melakukan penyesuaian termasuk dalam hal cara kerja di mana saat ini karyawan mulai terbiasa bekerja secara daring. Cara kerja hibrida atau kombinasi daring dan luring menjadi pola yang paling banyak diinginkan pekerja.

Bekerja secara hibrida, memungkinkan karyawan membagi jam kerja mereka antara datang ke ruang kantor fleksibel sekitar rumah, bekerja di kantor pusat perusahaan, dan bekerja dari rumah. Kemudahan inilah yang sangat diinginkan pekerja dan pemilik bisnis.

Pendiri dan CEO IWG, perusahaan penyedia ruangan kerja fleksibel, Mark Dixon mengatakan penelitian menunjukkan 90 persen karyawan mengatakan bahwa mereka menginginkan fleksibilitas untuk kapan dan dimana mereka bekerja.

“Penelitian kami sendiri menunjukkan bahwa tiga kali lebih banyak perusahaan dari kelompok besar [FTSE 250] lebih memilih untuk mengadopsi model kantor hibrida dan fleksibel, daripada kembali ke metode konvensional,” ujarnya kepada Bisnis.

Solusi bekerja dengan cara campuran, menurutnya, dapat memberikan penghematan dan memastikan stabilitas ekonomi untuk klien korporat. Cara seperti ini juga menguntungkan pemilik properti.

Sistem kerja ini memberikan peluang untuk pertumbuhan bisnis yang stabil dan berkelanjutan. Penjualan keanggotaan on-demand IWG, katanya, telah meningkat sebesar 93 persen dari tahun ke tahun, dengan proyeksi pertumbuhan sebesar 10 persen setiap tahun dan balik modal atau return of investment (RoI) di atas 20 persen.

Dixon menuturkan aktivitas bisnis saat ini telah memungkinkan ruang kerja fleksibel yang menarik baik di dalam pusat perbelanjaan sekitar, simpul transportasi, atau dari tempat hangout favorit mereka.

“Cara ini mendukung kehidupan kerja yang jauh lebih baik dan seimbang daripada perjalanan untuk bekerja menuju ke pusat kota,” paparnya.

Pemilik properti komersial, lanjutnya, memiliki kesempatan untuk memainkan peran penting dalam transisi ke cara kerja baru yang lebih baik. Dalam waktu dekat, pihaknya yakin akan ada ruang kerja profesional yang tersedia di mana saja, dari kota metropolitan hingga desa terkecil.

“Transformasi ini akan membuka nilai baru yang belum pernah ada sebelumnya bagi pekerja, bisnis, dan ekonomi lokal, sekaligus memberikan kontribusi penting untuk memperbaiki lingkungan. Dengan orang-orang yang bekerja secara lokal, fasilitas lokal dan gerai ritel akan mendapat dorongan dan pekerjaan baru akan diciptakan untuk melayani jaringan ruang kerja nasional.”

Sebagai penyedia ruang kerja fleksibel terbesar di dunia, tuturnya, IWG mencari mitra properti di kota, kota metropolitan dan pinggiran kota di seluruh negeri. Para pemilik seluruh gedung maupun bangunan satu lantai, sangat dinantikan oleh IWG untuk bekerjasama guna memanfaatkan lonjakan permintaan ruang kerja yang fleksibel ini.

“IWG tertarik untuk bekerjasama guna memanfaatkan lonjakan permintaan ruang kerja yang fleksibel ini,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper