Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Calon Presiden Bank Dunia Ajay Banga Raih Tambahan Dukungan

Tiga peraih Nobel dan puluhan pemimpin masyarakat sipil, perubahan iklim, dan filantropi mengungkapkan dukungan mereka kepada Ajay Banga.
Ajay Banga/Bloomberg
Ajay Banga/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Calon Presiden Bank Dunia Ajay Banga yang dinominasikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendapat berbagai dukungan dari sejumlah pihak.

Pencalonan mantan CEO Mastercard keturunan India-Amerika tersebut akan menggantikan Presiden Bank Dunia saat ini David Malpass yang mengundurkan diri.

Dilansir dari Reuters (9/3/2023), tiga peraih Nobel dan puluhan pemimpin masyarakat sipil, perubahan iklim, dan filantropi turut mendukung Biden dalam mengungkapkan dukungan mereka kepada Ajay Banga.

Pemenang hadiah Nobel bidang ekonomi (2001) Joseph Stiglitz, Presiden yayasan Amerika Baru Anne-Marie Slaughter, dan presiden dana pertahanan Fred Krupp, termasuk dalam 53 orang yang menandatangani deklarasi dalam mendukung Banga.

"Ajay Banga memiliki kombinasi kepemimpinan yang langka; rekam jejak membangun aliansi yang sukses di sektor publik, swasta, dan sosial; dan pengalaman bekerja di negara berkembang," tulis mereka.

Mereka menguyngkapkan bahwa banga adalah orang yang tepat untuk memimpin Bank Dunia pada saat kritis ini.

Deklarasi tersebut menunjukkan berkembangnya momentum untuk pencalonan Banga, di mana seorang kelahiran India dengan kewarganegaraan AS memperoleh dukungan dari India, Kenya, Ghana, dan Bangladesh.

Bukan hanya itu, negara lain seperti Prancis dan Jerman juga turut memberi ulasan positif pada saat pertemuan pejabat menteri keuangan negara-negara G20 bulan lalu.

"Dia memahami bahwa Bank Dunia harus berfungsi sebagai pengganda kekuatan dengan menetapkan agenda yang tepat dan kemudian mengkatalisasi tindakan lintas pemerintah, sektor swasta, bank pembangunan multilateral, masyarakat sipil, dan filantropi," ucap para penandatangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper