Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zulhas Minta Perwakilan Dagang RI di Luar Negeri Genjot Ekspor

Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas), meminta perwakilan dagang Indonesia di luar negeri untuk bekerja semaksimal mungkin guna meningkatkan ekspor Indonesia. 
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di acara pembukaan rapat kerja Kementerian Perdagangan di Lampung, Rabu (1/3/2023) - BISNIS/Ni Luh Angela.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di acara pembukaan rapat kerja Kementerian Perdagangan di Lampung, Rabu (1/3/2023) - BISNIS/Ni Luh Angela.

Bisnis.com, LAMPUNG - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, meminta para perwakilan dagang Indonesia di luar negeri untuk bekerja semaksimal mungkin guna meningkatkan ekspor Indonesia. 

Pasalnya, para perwakilan dagang merupakan ujung tombak ekspor Indonesia sehingga Zulhas meminta kesungguhan para perwakilan dagang Indonesia untuk menggenjot ekspor.

“Perwakilan perdagangan di luar negeri penting sekali karena merupakan ujung tombak ekspor Indonesia, karena bertugas di luar negeri mewakili Merah Putih, para perwakilan perdagangan harus berjuang setiap saat untuk Indonesia,” kata Zulhas saat memberi pengarahan kepada perwakilan perdagangan dan calon perwakilan perdagangan RI di luar negeri, Rabu (1/3/2023).

Politisi PAN itu juga mendorong para perwakilan dagang yang bertugas di pasar nontradisional untuk mengembangkan dan meningkatkan penjajakan ke pasar-pasar ekspor tersebut, seperti kawasan Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan, serta Asean.

Indonesian Trade Promotion Center atau ITPC juga diingatkan agar tidak bekerja layaknya birokrat biasa, lantaran harus menjalankan fungsi pemasaran produk-produk Indonesia di luar negeri.

Selain itu, dia melihat perlu adanya kreativitas dari para perwakilan dalam hal mempromosikan produk-produk Indonesia. Salah satunya, dengan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan di luar negeri seperti BUMN dan swasta.

“Kolaborasi dan libatkan BUMN dan swasta dalam mempromosikan produk-produk Indonesia di luar negeri dengan memahami situasi, keadaan, dan manfaat yang dapat diperoleh,” jelasnya.

Sebagai informasi, dalam pengarahan tersebut dihadiri oleh atase perdagangan, kepala ITPC, wakil kepala ITPC, beserta calon atase perdagangan, calon kepala ITPC, dan calon wakil kepala ITPC.

Usai memberikan pengarahan, Zulhas menandatangani perjanjian kinerja bersama para perwakilan perdagangan di luar negeri secara simbolis.

Adapun, sejumlah perwakilan perdagangan di luar negeri yang mewakili sesi penandatanganan tersebut adalah Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei Iqbal Shoffan Sofwan, Duta Besar RI untuk Organisasi Perdagangan Dunia Dandy Satria Iswara, Atase Perdagangan New Delhi Bona Kusuma, dan Kepala ITPC Los Angeles Aldila Tjahjasari.

Dalam perjanjian kinerja tersebut, seluruh perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri mendapat tugas menumbuhkan ekspor Indonesia ke negara akreditasi dengan target antara 3,7-5,4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper