Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unik! Perusahaan Ini Minta Calon Karyawan Pakai Topeng saat Wawancara

Pihak perusahaan mengungkapkan bahwa metode wawancara tersebut diharapkan bisa mengurangi tingkat stres calon kayawan.
Ilustrasi pekerjaan/ Bloomberg
Ilustrasi pekerjaan/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Chengdu Ant Logistics di China mendapat apresiasi karena menerapkan sistem wawancara calon karyawan dengan cara unik, yakni menggunakan topeng agar tidak memberi penilaian berdasarkan parasnya saja.

Pihak perusahaan mengungkapkan bahwa metode wawancara tersebut diharapkan bisa mengurangi tingkat stres calon kayawan. Menariknya, penggunaan topeng ini dilakukan seluruh orang dalam satu ruangan yang hendak melakukan wawancara. 

Dilansir dari South China Morning Post pada Selasa (21/2/2023), Wanita bermarga Zeng merekam situasi ruang wawancara yang berisi orang-orang mengenakan topeng, sambil duduk santai sambil pendengaran pewawancara yang juga menggunakan penutup wajah.

Zeng bercerita bahwa perusahaan itu meminta mereka untuk mengambil sebuah topeng kosong dan menggambarnya secara bebas kemudian memakainya.

Tak hanya itu, Zeng mengatakan situasi wawancara semakin aneh setelah perusahaan tersebut mengatur seorang karyawan ntuk memotong dan membagikan tebu kepada para pelamar kerja.

Pihak Chengdu Ant Logistics membenarkan video tersebut diambil saat perekrutan dua tahunan, saat itu perusahaan sedang mencari pelamar untuk posisi operator media baru, penyiar siaran langsung, dan analis data.

Perusahaan juga mengklaim bahwa mereka menghargai kemampuan individu daripada penampilan, alhasil Chengdu Ant Logistics mendapat pujian di dunia maya, dengan komentar 'perusahaan itu membantu menghilangkan diskriminasi dalam pekerjaan'.

"Ini adalah kesetaraan, ketampanan seharusnya tidak diperhitungkan," kata seorang pengamat media sosial.

Adapun, Chengdu Ant Logistics dikenal dengan wawancara kerja yang inovatif. Sebelumnya, para pelamar diminta untuk mencangkul rumput di taman logistik perusahaan untuk menguji kapasitas eksekutif dan kemampuan beradaptasi terhadap kesulitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper