Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera Dibuka! Berikut Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 48

Simak tips atau cara agar lolos program Kartu Prakerja gelombang 48. Pendaftaran segera dibuka, lho!
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah kembali telah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang belum memiliki akun Kartu Prakerja. Berikut tips sukses agar lolos Kartu Prakerja gelombang 48 yang bakal dibuka sebentar lagi. 

Direktur Kemitraan, Komunikasi, dan Pengembangan Ekosistem Kartu Prakerja Kurniasih Suditomo menyampaikan pendaftaran Kartu Prakerja dengan skema akan mulai dibuka pada awal 2023. 

“Pendaftaran [Kartu Prakerja] buka di kuartal I/2023,” katanya kepada awak media di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Dengan demikian, kemungkinan pendaftaran Gelombang 48 dibuka pada pekan ketiga atau keempat Februari ataupun Maret 2023.  

Tips Lolos Program Kartu Prakerja Gelombang 48

Adapun, pemerintah telah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 48 atau yang pertama pada 2023. Pada tahun ini, program tersebut menjalankan skema normal atau tak lagi bersifat semi bansos seperti yang sudah dilaksanakan selama 2020 hingga 2022.

Program ini akan berfokus pada pengembangan keterampilan angkatan kerja. Maka dari itu, biaya pelatihan dinaikkan, sementara insentif diturunkan. Jika di total, jumlah nilai manfaat yang diterima peserta sebesar Rp4,2 juta dengan perincian saldo pelatihan Rp3,5 juta, insentif Rp600.000, dan insentif survei sebesar Rp100.000.

Simak tips lolos program Kartu Prakerja gelombang 48

1. Wajib memenuhi syarat 

Syarat utama untuk mendapatkan manfaat dari program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia 18-64 tahun dan sedang tidak menempat pendidikan formal. 

Tidak menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota POLRI, Kepada Desa dan perangkat Desa, Direksi Komisaris, Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Pada skema 2023, penerima bansos seperti bantuan subsidi upah (BSU) diperkenankan mendaftar. Maksimal hanya 2 NIK yang dapat menerima Kartu Prakerjaa dalam 1 Kartu Keluarga. 

2. Pendaftaran di situs resmi

Lakukan pendaftaran akun di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar dan pastikan menggunakan e-mail dan nomor handphone yang aktif dan lakukan verifikasi e-mail. 

3. Data sebenarnya

Pastikan data yang dimasukkan telah sesuai dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)

4. Foto KTP

Upload foto KTP langsung dari kamera HP, pastikan foto KTP jelas dan tidak buram

5. Verifikasi

Saat verifikasi foto wajah, lakukan swafoto menggunakan kamera HP. Pastikan wajah (hanya wajah tanpa KTP) terlihat dengan jelas dan dengan pencahayaan yang cukup dan memenuhi 80 persen dari frame foto (close-up). Peserta tidak berswafoto menggunakan aksesoris, seperti topi dan kacamata. Izinkan akses lokasi dengan tap tombol 'allow' saat notifikasi muncul.

6. Ikut tes

Dalam proses pendaftaran akun setelah verifikasi, calon peserta wajib mengikuti tes. Bila tidak mengikuti, maka pendaftaran akun belum dianggap selesai. 

7. Pilih Gelombang

Usai mengikuti tes, pendaftar dapat memilih gelombang yang tersedia. 

Berikut 7 Tahapan Kartu Prakerja  

  1.  Daftar dengan data diri, email, NIK, nomor KK, nomor HP, dan selesaikan tes kemampuan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  2. Pendaftar dapat memilih ‘Gabung Gelombang’ untuk mengikuti seleksi dan tunggu pengumuman hasilnya. Bila lulus, peserta dapat memilih pelatihan, jika tidak, dapat mendaftar ke gelombang berikutnya.
  3. Peserta dapat menggunakan saldo pelatihan sebesar Rp3,5 juta dengan memilih pelatihan yang dibutuhkan di Mitra Platform Digital dan bayar dengan Kartu Prakerja. Pastikan Anda sudah berhasil menyambung rekening bank/e-money sebelum membeli pelatihan.
  4. Peserta wajib mengikuti pelatihan serta mengerjakan pre-test dan post-test untuk mendapatkan sertifikat
  5. Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah Anda selesaikan di dashboard Prakerja.
  6. Peserta akan menerima insentif Rp600.000 di rekening bank/e-wallet.
  7. Jawab dua survey evaluasi di dashboard Prakerja untuk mendapatkan insentif Rp50.000 untuk setiap survei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper