Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Perindo Bidik Serapan Ikan Nelayan 14.252 Ton di 2023

PT Perindo menargetkan penyerapan ikan hasil tangkapan nelayan mencapai 14.252 ton di 2023.
Pasar ikan - Dok. PT Perindo
Pasar ikan - Dok. PT Perindo

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perikanan Indonesia (Perindo) menargetkan penyerapan ikan hasil tangkapan nelayan sebanyak 14.252 ton di 2023. Adapun target tersebut belum memperhitungkan keikutsertaan PT Perikanan Indonesia dalam program Penangkapan Ikan Terukur.

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia (Perindo), Sigit Muhartono, menyampaikan, hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta PT Perindo untuk terus meningkatkan serapan tangkapan ikan nelayan di seluruh Indonesia.

“Presiden Joko Widodo menginstruksikan badan usaha milik negara (BUMN) di bidang pangan harus menjadi off taker hasil produksi petani, peternak, dan nelayan,” kata Sigit dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, jika peran BUMN Pangan sebagai off taker semakin kuat, maka tidak akan ada lagi harga jatuh di tingkat produsen sehingga mampu menggenjot produksi para petani, peternak, dan nelayan.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, menyampaikan, arahan yang diberikan Jokowi tersebut merupakan upaya untuk memperkuat ekosistem pangan nasional.

Guna mempersiapkan BUMN Pangan yang kuat dan terintegrasi, menurut Arief diperlukan pendanaan yang dirumuskan bersama dengan Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), serta kesiapan infrastruktur pendukung.

“Untuk pendanaan secara umum ada dua, bisa bersumber dari APBN dan dana murah yang dikerjasamakan dengan Himbara. Hal ini diperlukan sinkronisasi dengan Kemenkeu dan BI,” jelas Arief.

Sepanjang 2022, PT Perindo mencatat perusahaan telah menyerap ikan hasil tangkapan nelayan sebanyak 10.921 ton. Ikan yang terserap antara lain tuna, cakalang, layang, gurita, kembung, deho, dan baby tuna.

Mitra nelayan PT Perindo ini tersebar di 12 cabang dan 21 unit di seluruh Indonesia, termasuk Belawan, Jakarta, Pekalongan, Brondong, Pemangkat, Ambon, Bitung, Bacan, Makasar, Sorong, dan Benoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper