Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Ekspor PT Perindo Naik 36,5 Persen di 2022

PT Perikanan Indonesia (Perindo) mencatatkan kenaikan pendapatan yang signifikan dari ekspor perikanan sepanjang 2022.
Pasar ikan - Dok. PT Perindo
Pasar ikan - Dok. PT Perindo

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perikanan Indonesia (Perindo) mencatatkan kenaikan pendapatan yang signifikan dari eskpor perikanan sepanjang 2022. Bahkan, bisnis perdagangan ikan mendominasi pendapatan perusahaan yaitu sebesar 61 persen, disusul bisnis kepelabuhanan 37 persen dan bisnis pabrik pakan 2 persen.

Direktur Utama PT Perindo, Sigit Muhartono, mengatakan perdagangan ikan masih didominasi oleh perdagangan domestik. Perdagangan domestik meningkat 11 persen dari Rp257 miliar pada 2021 menjadi Rp286 miliar pada 2022.

Sigit mengungkapkan perdagangan ekspor ikan pada 2022 memiliki tren yang semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pendapatan ekspor PT Perindo pada 2022 mencapai Rp21,3 miliar atau naik 36,5 persen dari capaian 2021 yaitu Rp15,6 miliar.

“Pendapatan ekspor tercatat menanjak dari tahun 2020 sebesar Rp5,3 miliar, tahun 2021 sebanyak Rp15,6 milar dan pada 2022 tercatat Rp21,3 miliar,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/1/2023).

Sigit mengungkapkan, dalam produksi bisnis perikanan, perusahaan telah bermitra dengan 440 nelayan dan menyerap 10.921 tangkapan nelayan sepanjang 2022. Adapun, pada 2023, perusahaan akan bermitra dengan 790 nelayan.

“Kami berkomitmen menjaga inklusivitas nelayan dengan selalu melibatkannya dalam proses bisnis perusahaan,” ujarnya.

Dia mengatakan perusahaan mentransformasi bisnis dari hulu mulai dari pengembangan pengelolan pelabuhan perikanan di berbagai daerah di Indonesia, hingga proses hilirisasi perdagangan ikan.

"Kami akan merevitalisasi kawasan pelabuhan perikanan dan menargetkan ekspor dua kali lipat dibandingkan dengan pencapaian di tahun 2022,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, mendorong PT Perindo untuk terus bertransformasi guna membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“PT Perikanan Indonesia agar dapat membangun ekosistem perikanan yang baik, supaya manfaat dari sektor perikanan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper