Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daya Beli Masyarakat Rendah, Indef: Gara-gara Harga BBM Naik

Indef mencatat daya beli masyarakat rendah atau turun pada 2022. Salah satu pendorongnya akibat harga BBM naik.
Konsumen memilih sayuran di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis/Abdullah Azzam
Konsumen memilih sayuran di salah satu super market di Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyoroti rendahnya daya beli masyarakat pada periode 2022. Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi salah satu pemicu. 

Direktur Program Indef Esther Sri Astuti melihat porsi secara nominal konsumsi rumah tangga pada kuartal IV/2022 mengalami kenaikan, namun andilnya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 terus menurun. 

Menurutnya, penurunan kontribusi konsumsi rumah tangga terhadap pertumbuhan ekonomi akibat sebagian besar pendapatan masyarakat dibelanjakan untuk barang habis pakai, contohnya makanan dan minuman. 

“Artinya bahwa daya beli masyarakat kita itu sebenarnya rendah karena hampir semua income yang diperoleh itu digunakan untuk beli makanan,misalnya, untuk beli perlengkapan rumah tangga,” ungkapnya dalam Konferensi Pers Indef secara virtual, Selasa (7/2/2023). 

Esther memaparkan data yang mengacu pada Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa pengeluaran konsumsi rumah tangga pada kuartal IV/2022 mencapai Rp2.641 triliun terhadap PDB atau tumbuh 4,48 persen (year-on-year/yoy). 

Adapun, secara persentase kontribusi pengeluaran konsumsi rumah tangga menurun bila dibandingkan dengan kuartal IV/2021 yang mencapai 52,9 persen terhadap PDB, sementara pada kuartal IV/2022 hanya 51,7 persen. 

Esther menyoroti bahwa hanya sedikit pendapatan masyarakat yang digunakan untuk keperluan kesehatan dan pendidikan, atau sekitar 6,89 persen dari total pengeluaran konsumsi rumah tangga. 

Lebih lanjut, pengeluaran tertinggi mencakup makanan dan minuman selain restoran mencapai 40,32 persen atau setara Rp1.065 triliun. 

“Sangat sedikit yang diinvestasikan untuk pendidikan. Bahkan karena adanya kenaikan harga BBM ini membuat  pengeluaran masyarakat untuk transportasi dan komunikasi itu juga meningkat jadi sekitar 22 persen [kuartal IV/2022],” lanjutnya. 

Untuk itu, Esther meminta pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat, namun tidak melalui bantuan sosial, melainkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). 

“Pemerintah harus meningkatkan daya beli masyarakat yang rendah. Carannya insentif, tidak hanya bansos yang temporer, solusi yang sustain, dengan memberikan upskilling sehingga dia bisa memperoleh pekerjaan lebih baik, pendapatan lebih baik,” sambung Esther. 

Bila menelisik data inflasi antara kuartal IV/2021 dengan periode yang sama pada 2022, meningkatnya konsumsi rumah tangga diikuti dengan inflasi yang terus merangkak naik. 

Pada kuartal IV/2021 inflasi hanya berkisar di rentang 1,66-1,87 persen, sementara pada kuartal IV/2022 tertahan di atas 5 persen. 

Adapun, secara historis pada Januari 2022 inflasi mulai pada level 2 persenan. Memasuki April 2022 inflasi naik menuju angka 3,47 persen dan terus bergerak naik menuju level 4 persenan pada mulai Juni 2022. 

Setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada September 2022, inflasi kemballi mencapai puncaknya pada tahun tersebut sebear 5,95 persen dan selanjutnya hingga akhir tahun tertahan di atas 5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper