Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tak Ada Lagi PPPKM, Airlangga: Satgas Covid-19 Tetap Jalan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Satgas Covid-19 tetap jalan, meskipun tak ada lagi PPKM.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 26 Januari 2023  |  10:42 WIB
Tak Ada Lagi PPPKM, Airlangga: Satgas Covid-19 Tetap Jalan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - Dok. ekon.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto melaporkan meskii kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah dicabut, Satgas Covid-19 akan tetap berjalan. 

Airlangga menyampaikan dengan catatan positif Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19, pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri No.53/ 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 pada Masa Transisi Menuju Endemi.

“Dengan catatan positif ini, tentu penghentian PPKM telah diterbitkan dari Inmendagri, kita memasuki masa transisi. Satgas Covid-19 tetap berjalan sampai masyarakat resilien,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transisi PC-PEN di Gedung AA Maramis, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/1/2023). 

Menteri Koordinator bidang Perkonomian, Airlangga, juga melaporkan hasil penanganan pandemic Covid-19 dari sisi ekonomi berhasil tumbuh di atas 5 persen sepanjang 2022. 

Perekonomian yang kuat juga terbukti dari konsumsi yang terus tumbuh serta capaian investasi yang melampaui target, serta kinerja ekspor yang masih baik. 

Konsolidasi fiksal juga dapat dilakukan lebih cepat dengan defisit di angka 2,38 persen dan inflasi yang terkendali, pada Desember 2022 di angka 5,51 persen.

“Melalui koordinasi ekstra effort dari pemerintah pusat dan daerah, tingkat pengangguran pada Agustus 2022 menurun diikuti tingkat kemiskinan turun di Maret 2022,” tambahnya.

Selain terus berjalannya Satgas Covid-19, pemerintah juga akan tetap memonitor pandemi Covid-19 melalui early warning system yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto PPKM Pemulihan Ekonomi Nasional Covid-19
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top