Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tajir Melintir! Ini Daftar 11 Konglomerat Pemilik Hotel di Indonesia

Sejumlah pengusaha di Indonesia diketahui memiliki hotel mewah di Indonesia. Ini daftar 11 konglomerat pemilik hotel di Indonesia.
Ciputra World 2, Jakarta. Proyek ini merupakan salah satu besutan proyek mixed use PT Ciputra Development Tbk./ciputradevelopment.com
Ciputra World 2, Jakarta. Proyek ini merupakan salah satu besutan proyek mixed use PT Ciputra Development Tbk./ciputradevelopment.com

Ciputra Hingga Mochtar Riady

3. Keluarga Ciputra

Ciputra merupakan pendiri dan ketua Ciputra Business Group yang diketahui mengembangkan properti berupa perumahan, pusat perbelanjaan, dan hotel mewah. Meninggal dunia pada 2019 lalu, bisnis tersebut kemudian dikelola oleh para penerusnya.

Salah satu properti milik Ciputra yang terkenal adalah Raffles Hotel Jakarta yang berlokasi di Ciputra World, Kuningan, Jakarta yang kini dikelola oleh Accor Hotels.

4. Keluarga Tjandranegara

Keluarga Tjandranegara melalui Grup Mulia terkenal lantaran sukses membangun sejumlah proyek di tiga lokasi strategis di Jakarta yaitu Sudirman, Thamrin, dan Kuningan.

Selain mengembangkan properti berupa komersial office building dan mall, grup ini juga tercatat sebagai pengembang perhotelan di Jakarta yakni Hotel Mulia Senayan dan The Mulia Resort & Villa di Bali.

5. Mochtar Riady dan keluarga

Mochtar Riady, bos besar Lippo Group, dikenal sebagai pengusaha sekaligus praktisi perbankan dari Indonesia. Dalam bidang perhotelan, Mochtar Riady merupakan pemilik dari Aryaduta Hotels.

Aryaduta Hotels merupakan hotel bintang lima terbesar di Indonesia yang tersebar di Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Manado, Makassar, dan Palembang dengan total kamar di seluruh properti Aryaduta mencapai 1.665.

6. Jan Darmadi

Nama Darmadi cukup populer sebagai salah satu pengusaha Indonesia. Darmadi yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2015-2019 ini merupakan pemilik Hotel Mandarin di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

7. Keluarga Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas, sebuah brand dari perusahaan yang bergerak melalui tujuh pilar bisnis yaitu Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Real Estate, Telekomunikasi, Energi dan Infrastruktur, serta Layanan Kesehatan.

Grand Hyatt Hotel merupakan hotel yang dimiliki oleh pendiri Sinar Mas. Hotel ini terletak di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, yang juga terhubung dengan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia.

8. Hary Tanoesoedibjo

Bambang Hary Iswanto Tanoesoedibjo atau yang lebih dikenal sebagai Hary Tanoe merupakan pendiri sekaligus pemilik dari perusahaan konglomerat MNC Group.

Seringkali dikenal sebagai Raja Media Tanah Air, Hary juga dikenal sebagai pemilik sejumlah hotel mewah di Indonesia. Terbaru adalah Hotel Park Hyatt, sebuah hotel bintang enam yang diresmikan pada Juli 2022 lalu.

Selain Hotel Park Hyatt, di bawah naungan MNC Group ada pula Oakwood Hotel & Residence Surabaya, The Westin Resort di Nusa Dua, Bali dan hotel lainnya.

9. Chairul Tanjung

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia ini merupakan sosok penting di balik perusahaan CT Corp dan membawahi Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources.

Chairul Tanjung juga dikenal sebagai pengusaha properti, salah satunya adalah hotel bintang lima Trans Luxury Hotel yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

10. Eddy William Katuari

Eddy William Katuari merupakan pemimpin dari Wings Group yang memproduksi sabun dan detergen. Seiring berjalannya waktu, Wings Group melebarkan sayapnya ke produksi makanan, hingga merambah bisnis properti.

Hotel The Apurva Kempinski di Nusa Dua, Bali merupakan milik dari Eddy William Katuari. Sebagai informasi, hotel tersebut merupakan tempat perhelatan puncak KTT G20 Indonesia yang berlangsung pada 15-16 November 2022 lalu.

11. Peter Sondakh

Pendiri Rajawali Corpora ini memiliki lebih dari 40 unit usaha. Beberapa diantaranya merupakan hotel mewah seperti St. Regis Hotel di Jakarta dan Bali. Perlu diketahui, hotel ini sempat menjadi pilihan Raja Salman ketika berkunjung ke Bali.

Selain St. Regis Hotel, Peter juga diketahui memiliki hotel lain antara lain Sheraton Laguna Resort, The Ritz-Carlton Bali, Sheraton Bandung, dan Four Seasons Hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper