Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Tony Blair di Davos, Bahlil Bahas Perkembangan Investasi IKN hingga Geopolitik

Bahlil Lahadalia dan Tony Blair membicarakan tentang perkembangan IKN, termasuk tahapan-tahapan dan beberapa bagian investasi yang dapat digiring untuk masuk.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bertemu dengan Tony Blair di Davos, Swiss./BKPM
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bertemu dengan Tony Blair di Davos, Swiss./BKPM

Bisnis.com, DAVOS--Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menggelar pertemuan dengan Dewan Penasehat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sekaligus mantan Perdana Menteri Britania Raya Tony Blair di Indonesia Pavilion 2023, Davos, Swiss.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Rabu (18/1) itu, Bahlil mengatakan dirinya dan Blair membicarakan tentang perkembangan IKN, termasuk tahapan-tahapan dan beberapa bagian investasi yang dapat digiring untuk masuk. Selain itu, Bahlil dan Blair juga berdiskusi soal potensi investasi di luar IKN.

Menurutnya, Blair merupakan tokoh internasional yang dinilai Bahlil memiliki jaringan yang luas di kancah global. Tak hanya dapat mempromosikan IKN kepada investor Britania raya, tetapi Blair juga berpotensi membantu Indonesia menjaring calon investor dari negara-negara lain.

"Kami juga bahas kondisi geopolitik sekarang, bagaimana perang Rusia-Ukraina, ketegangan relasi dagang antara Tiongkok dengan Amerika," kata Bahlil, Kamis (19/1/2022).

Bahlil mengungkapkan bahwa luasnya jejaring investor dunia yang dimiliki oleh Tony Blair akan sangat bermanfaat dalam menjaring minat investasi asing ke Indonesia dan juga mempertemukan investor dalam negeri dengan mitra asing. Kementerian Investasi/BKPM akan memberikan dukungan berupa fasilitasi investor dan seleksi mitra lokal yang tepat.

Di luar isu investasi, ekonomi, dan geopolitik, Bahlil menyebut diskusi dengan Blair juga mengarah pada isu-isu politik.

"Saya banyak diskusi dengan dia, karena dia kan tokoh politik senior. Jadi saya banyak menimba ilmu dari dia," imbuhnya.

Tony Blair merupakan PM Inggris yang paling lama menjabat yakni pada periode 1997-2007. Dikutip dari situs resmi pemerintah United Kingdom, satu dekade menjabat, Blair telah mengawasi proses perdamaian Irlandia Utara, reformasi publik, dan menanggapi serangan teroris 9/11 dan 7/7.

Tony Blair lahir pada 6 Mei 1953 di Edinburgh, Skotlandia. Dia lulus dari Universitas Oxford jurusan hukum, setelah lulus kuliah dia langsung berkarier sebagai pengacara.

Dalam pertemuan dengan Kepala BKPM, Tony Blair menyatakan komitmennya dalam mendukung terwujudnya IKN. Ketertarikan investor terhadap IKN juga diharapkan bisa terus berlanjut dan Blair siap untuk memberikan dukungannya sampai dengan terrealisasi.

“Jadi memang minat investor untuk masuk ke Indonesia ini sangat besar Pak. Hal itu tidak terlepas dari peran besar Pak Menteri untuk mendatang para investor ke Indonesia dengan sinyal positif,” ungkap Tony.

Menurut Blair, langkah Kementerian Investasi Indonesia yang membentuk force of nature merupakan strategi yang tepat dalam mendatangkan investor besar ternama dan juga mampu mempertemukan investor asing dengan mitra lokal yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper