Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah! Apple dan Induk Facebook Meta Tak Masuk 100 Perusahaan Terbaik bagi Karyawan

Apple Inc. dan induk Facebook Meta Platforms Inc. tidak lagi berada di daftar 100 perusahaan terbaik bagi karyawan di tahun 2023, menurut survei dari Glassdoor.
Toko resmi Apple di salah satu pusat perbelanjaan di Moscow, Rusia/Times of Israel
Toko resmi Apple di salah satu pusat perbelanjaan di Moscow, Rusia/Times of Israel

Bisnis.com, JAKARTA - Apple Inc. dan induk Facebook Meta Platforms Inc. tidak lagi berada di daftar 100 perusahaan terbaik bagi karyawan di tahun 2023, menurut survei dari Glassdoor.

Dilansir dari Bloomberg pada Rabu (11/1/2023), Glassdoor, sebuat platform ulasan bagi perusahaan pemberi kerja, merilis daftar 100 perusahaan pilihan bagi para karyawan di Amerika Serikat.

Sebanyak 40 persen dalam daftar tersebut diisi oleh perusahaan teknologi, terlepas dari badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang menerpa sektor ini. Meskipun begitu, Apple dan Meta sama sekali tidak ada di dalam daftar ini.

Sementara itu, perusahaan yang menduduki posisi teratas dalam daftar 100 perusahaan ini adalah penyedia perangkat lunak komputer Gainsight. 

Ekonom Glassdoor Daniel Zhao mengungkapkan sektor teknologi menjadi yang paling banyak masuk ke dalam daftar. Namun, pada saat yang sama, sektor ini terus diterpa naik turun sepanjang tahun 2022. Banyak perusahaan keluar dari daftar, namun banyak juga yang baru masuk.

"Ini adalah pengingat yang baik bahwa masa-masa sulit seringkali mengarah pada pergantian. Perusahaan yang mengandalkan metode lama mungkin jatuh tersingkir, dan perusahaan baru sering kali bangkit di saat krisis." jelas Daniel. 

Glassdoor mengungkapkan ini kali pertama Apple tidak masuk dalam daftar tersebut sejak 2009. Sedangkan Meta ada di peringkat 100 besar sejak 2011, bahkan memegang posisi nomor satu sebanyak tiga kali, terakhir pada tahun 2018.  

Tahun ini, Google milik Alphabet Inc. dan Bain & Company menjadi dua perusahaan yang masuk daftar Glassdoor selama 15 tahun berturut-turut. 

Meta dan Apple telah menghadapi tantangan selama setahun terakhir. Meta telah melakukan PHK terhadap lebih dari 11.000 karyawan setelah mengalihkan fokus bisnis ke metaverse.

Zhao mengatakan prospek bisnis Meta dan Apple, dan perubahan strategi membuat karyawan merasa khawatir bagaimana nasib mereka. Bahkan pada saat yang sama, PHK dapat menghancurkan moral dan merugikan merek perusahaan dalam jangka panjang. 

 "Karyawan benar-benar menghargai kemampuan untuk bekerja dari jarak jauh atau setidaknya secara hibrid. Dorongan untuk kembali ke kantor belum diterima dengan tangan terbuka," lanjut Zhao.

 Selain itu, Gainsight menjadi pendatang baru yang masuk daftar perusahaan terbaik bagi karyawan untuk bekerja. Gainsight merupakan perusahaan yang didirikan pada 2009 dan menyediakan perangkat lunak untuk ratusan bisnis. 

"Krisis sering kali menjadi peluang bagi perusahaan-perusahaan yang sedang naik daun ini. Perusahaan-perusahaan terbaik akan berusaha keras untuk memastikan bahwa pengalaman karyawan akan menjadi hal utama," pungkas Zhao.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper