Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Logistik Bakal Andalkan Kargo Udara untuk Ekspansi Jaringan

Perusahaan logistik masih mengandalkan pengiriman jalur udara lewat penggunaan air freighter sebagai pendukung ekspansi jaringan pada 2023.
Ilustrasi jasa kurir
Ilustrasi jasa kurir

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan logistik seperti J&T Express dan Ninja Xpress masih mengandalkan pengiriman jalur udara lewat penggunaan pesawat kargo (freighter) sebagai pendukung ekspansi jaringan pada 2023.

CEO J&T Express Robin Lo menjelaskan sepanjang 2022, volume pengiriman perusahaan bertumbuh sekitar 40 persen atau rata-rata sebanyak 2,5 juta paket per hari apabila dibandingkan dengan rata-rata pada tahun sebelumnya.
Memasuki 2023, dia menargetkan volume pengiriman bisa naik hingga sebanyak 2 kali lipat dibandingkan dengan pada tahun lalu.

Menurutnya, untuk mengencangkan dan merealisasikan volume pengiriman tahun ini, perseroan berfokus untuk mengembangkan jaringan di negara-negara ekspansi agar tetap memberikan pelayanan terbaik. Salah satunya melalui optimalisasi kargo udara.

"Untuk pasar Indonesia, jalur udara masih memegang peranan penting. Penggunaan freighter akan dapat meningkatkan efisiensi pengiriman," ujarnya, Sabtu (7/1/2022).

Jasa pengiriman ekspres saat ini dituntut untuk beradaptasi dalam pertumbuhan bisnis e-commerce yang dinamis. J&T Express menangkap peluang tersebut dengan melebarkan jangkauan dan inovasi layanan kepada pengguna jasa. Diversifikasi layanan pengiriman ke seluruh wilayah telah diluncurkan.

Layanan-layan tersebut adalah EZ untuk pengiriman regular yang masih mendominasi pengiriman pada tahun ini. Termasuk juga J&T ECO untuk layanan pengiriman yang lebih ekonomi.

Kemudian layanan J&T Super juga memberikan layanan premium dengan Service Level Agreement (SLA) cepat dan tepat yang telah tersedia di 30 kota di Indonesia. Setelah itu juga ada J&T International Standard Express untuk pengiriman ke luar negeri. 

Robin Lo optimistis pilihan layanan yang variatif dapat mendorong peningkatan pengiriman pada masa yang akan datang.

Perseroan telah memberikan layanan operasional 365 hari agar proses pengiriman sesuai dengan SLA yang ditentukan. Efisiensi juga dilakukan dengan mesin sortir otomatis yang mencapai 30.000 paket per jam.

Perseroan melengkapi dengan peralatan sistem transmisi konveyor yang terbagi secara signifikan per moda transportasi pengiriman jalur paket luar pulau (via udara), jalur paket internal Pulau Jawa, jalur paket area Jakarta Raya, dan jalur paket Bodetabek, didukung adanya fasilitas Regulated Agent (RA) untuk operasional yang lebih optimal.

Tercatat J&T Express juga telah melebarkan sayap dengan ekspansi ke 13 negara jaringan. Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Singapura, China, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Meksiko, Brasil, dan Mesir.

Senada, Ninja Xpress meningkatkan layanan pengiriman paket ke luar Jawa bekerja sama dengan Trigana Air dalam menyiapkan pesawat khusus kargo jenis Boeing.

"Ke depannya, kami tidak menutup kemungkinan untuk menambah pesawat lagi jika pengiriman semakin meningkat," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper