Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KAI : 1,6 Juta Tiket Kereta Api Nataru Telah Terjual

Selama delapan hari libur Nataru, KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari, dengan keterisian tempat duduk mencapai rata-rata 102 persen per hari.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 30 Desember 2022  |  14:37 WIB
KAI : 1,6 Juta Tiket Kereta Api Nataru Telah Terjual
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menjual total 1,6 juta tiket kereta untuk libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. 

Sampai dengan hari ini, Jumat (30/12/2022), KAI mencatat total tiket yang telah terjual untuk masa Angkutan Natal dan tahun baru yakni 1,6 juta atau 69 persen dari total kapasitas 2,4 juta tempat duduk yang disediakan. Periode keseluruhan libur akhir tahun KAI mulai dari 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

“Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," lanjut VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui siaran pers, Jumat (30/12/2022). 

Selain itu, selama delapan hari angkutan Natal dan tahun baru, sebanyak 1,09 juta pengguna jasa telah bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh ke berbagai tujuan. 

Selama delapan hari itu, KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari, dengan keterisian tempat duduk mencapai rata-rata 102 persen per hari.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan kereta api pada masa libur akhir tahun ini. KAI akan terus meningkatkan pelayanan serta mengawal agar seluruh perjalanan KA di masa Nataru ini dapat berjalan aman dan lancar," terang Joni. 

Sampai dengan kemarin, Kamis (29/12/2022), pengguna jasa KAI paling banyak bepergian dengan rute Jakarta–Yogyakarta pp, Jakarta–Solo pp, Jakarta–Surabaya pp, Jakarta–Purwokerto pp, Bandung–Surabaya pp, Yogyakarta–Surabaya pp, dan Yogyakarta–Banyuwangi pp.

Volume pengguna kereta pada libur akhir tahun ini tumbuh 204 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Menurut Joni, tidak adanya lagi persyaratan tes Covid-19 PCR maupun antigen menjadi salah satu pendorong pertumbuhan volume tersebut. Di samping itu, faktor lain meliputi kapasitas angkut yang telah diperbolehkan menjadi 100 persen, meningkatnya mobilitas masyarakat, dan penambahan jumlah perjalanan kereta secara keseluruhan.

Sampai dengan hari ini, Jumat (30/12/2022), total tiket yang telah terjual untuk masa Angkutan Natal dan tahun baru yakni 1,6 juta atau 69 persen dari total kapasitas 2,4 juta tempat duduk yang disediakan. Periode keseluruhan libur akhir tahun KAI mulai dari 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

“Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," lanjut Joni.

Pada masa angkutan libur akhir tahun ini pula, KAI memberikan peningkatan pelayanan di antaranya hadirnya Kereta Panoramic. Kereta tersebut menjadi inovasi perseroan yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya, dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

"Berbagai peningkatan pelayanan akan terus kami hadirkan agar perjalanan Anda saat menggunakan Kereta Api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 ini menjadi makin bermakna dan berkesan," tutup Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai Natal dan Tahun Baru Liburan Libur Natal & Tahun Baru Libur Akhir Tahun
Editor : Kahfi

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top