Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Tinjau Kesiapan TMII untuk Perayaan Malam Tahun Baru 2023

Menparekraf Sandiaga Uno meninjau TMII yang akan menjadi tempat puncak perayaan malam Tahun Baru 2023.
Wahana Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilihat dari atas setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah./Bisnis-PUPR
Wahana Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilihat dari atas setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah./Bisnis-PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, meninjau langsung kesiapan fasilitas Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menjelang perayaan tahun baru 2023.

Kegiatan tahunan tersebut yang biasanya digelar di Monas, tapi untuk tahun ini TMII dipilih menjadi tempat puncak perayaan malam Tahun Baru 2023.

"Karena Taman Mini ini menjadi pusat [perayaan] malam tahun baru pada 31 Desember dan antisipasinya 60.000 masyarakat yang akan hadir tentunya harus dipastikan keselamatan, kesehatan, dan keamanan," kata Sandiaga, Selasa (27/12/2022).

Sandiaga menilai dari peninjauannya, masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) selaku pengelola TMII. Misalnya, lokasi antrean tiket yang lebih teduh serta promosi TMII yang perlu lebih digencarkan kepada masyarakat luas, peningkatan sosialisasi mengenai pendaftaran tiket masuk TMII secara daring, dan penambahan unit kendaraan listrik sebagai transportasi di area TMII.

"Saya juga menitip pesan kepada manajemen bahwa (TMII) ini sekarang menjadi ikon destinasi baru yang telah direvitalisasi dan saya apresiasi karena ini ramah pejalan kaki dan dari segi kendaraan listriknya juga sudah disediakan dan ada wahana-wahana baru yang pasti akan membuat wisatawan merasa aman, nyaman, dan menyenangkan," ujarnya.

Selain itu, untuk lebih memperkenalkan Indonesia melalui TMII, Sandiaga mengajak pemerintah-pemerintah daerah di Indonesia untuk memanfaatkan anjungan-anjungan daerah yang ada di TMII sebagai sarana promosi wisata yang ada di daerah masing-masing.

Diberitakan sebelumnya, Assistant Vice President TMII, Leonardus Aditya Nugroho, mengungkapkan selama pekan Nataru, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat pengamanan dan dinas terkait untuk menjaga ketertiban, karena diperkirakan akan ada puluhan ribu masyarakat yang akan memenuhi TMII pada momen tersebut.

Leo juga memproyeksikan puncak kunjungan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu atau 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023.

“Selama pekan Nataru, diprediksikan puncak kunjungan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu [31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023],” ujarnya, Rabu (14/12/2022).

Adapun, TMII telah membuka anjungan dan wahana yang dikelolanya. Namun, beberapa anjungan seperti Museum Indonesia dan Keong Mas belum dapat menerima kunjungan karena masih dalam proses revitalisasi.

Meski demikian, selama pekan Nataru akan banyak atraksi/pertunjukan seni budaya di panggung-panggung terbuka di TMII. Sebagai informasi, jam buka pintu gerbang pada weekdays mulai pukul 06.00-16.00 WIB, weekend 05.00-16.00 WIB. Untuk jam buka wahana, anjungan, dan museum mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper