Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II: H-6 Natal, Jumlah Penumpang Bandara Naik 27 Persen

AP II mencatat jumlah penumpang saat H-6 Natal mengalami kenaikan hingga 27 persen secara tahunan.
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat ada kenaikan pergerakan penumpang hingga 27 persen pada 19 Desember 2022 atau H-6 Natal, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan kenaikan pergerakan penumpang terjadi di 20 bandara yang dikelola perseroan. Adapun, jumlah penerbangan juga meningkat sekitar 20 persen menjadi 1.674 penerbangan.

"Jumlah pergerakan penumpang pada 19 Desember 2022 di 20 bandara AP II [per 20 Desember pukul 11.09 WIB] secara kumulatif tercatat 212.942 orang atau meningkat sekitar 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu 168.011 orang," katanya dalam siaran pers, Selasa (20/12/2022).

Dia menuturkan khusus di Bandara Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang mencapai 132.548 orang atau naik 27 persen dari sebelumnya 104.601 orang. Kemudian jumlah penerbangan sebanyak 938 penerbangan atau meningkat 13 persen dibandingkan sebelumnya yakni 787 penerbangan.

Awaluddin menekankan kelancaran arus lalu lintas penerbangan menjadi perhatian utama. Penyelesaian masalah yang terjadi harus bisa diselesaikan dengan cepat, tanpa menunggu berjam-jam.

AP II juga membuka Posko Nataru yang bertugas sebagai posko monitoring dan pemeriksaan guna memastikan aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan kesehatan dapat berjalan baik.

Lalu tugas kedua adalah sebagai posko monitoring data untuk melihat tren lalu lintas penerbangan setiap hari, dan tugas ketiga adalah posko menyiapkan berbagai langkah mitigasi untuk mencegah dan menangani kondisi yang dapat mengganggu pelayanan dan operasional bandara.

Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid menuturkan posko juga dapat memastikan operasional penerbangan di periode Nataru dapat berjalan lancar di tengah tingginya pergerakan penerbangan.

“Posko Monitoring Nataru di Bandara Soekarno-Hatta juga diperkuat Airport Operation Control Center [AOCC] untuk mendukung operasional bandara dan penerbangan, serta Airport Infrastructure Control Center [AICC] guna memantau fasilitas dan sistem utilitas bandara,” ujarnya.

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga menyiagakan Emergency Operation Center (EOC) yang ada di dalam gedung AOCC. EOC hanya diaktifkan jika ada keadaan darurat, sebagai pusat komando bagi stakeholder bandara dalam mengambil kebijakan guna penanggulangan keadaan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper