Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LMAN Luncurkan Platform Digital AESIA, Dorong Optimalisasi Aset Negara

Kemenkeu mengatakan platform AESIA dapat membuka peluang untuk meningkatkan optimalisasi aset negara.
Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Bisnis/Abdurachman
Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) meluncurkan Aset Indonesia (AESIA), platform berbasis situs yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Barang Milik Negara (BMN) untuk memasarkan asetnya, maupun pihak mitra atau masyarakat untuk mengajukan kerja sama pemanfaatan aset.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban menyampaikan bahwa AESIA dapat membuka peluang untuk meningkatkan optimalisasi aset negara, sekaligus menjadi jawaban untuk mempermudah dan memberikan infomasi terkait aset negara.

Dengan demikian aset tersebut dapat dioptimalkan dengan baik. AESIA akan memudahkan baik pengelola maupun pengguna atau calon mitra sehingga dapat melihat potensi aset yang baik untuk dikerjasamakan.

"Kami berharap kepada LMAN sebagai Badan Layanan Umum [BLU] yang ditugaskan Kementerian Keuangan untuk mengelola aset agar dapat memiliki capaian yang lebih optimal. AESIA dapat menjadi platform andalan dalam menjembatani pemanfaatan aset negara,” katanya, Jumat (16/12/2022).

Rionald menjelaskan, layanan kerja sama optimalisasi aset negara melalui AESIA tersebut mencakup pemasaran aset properti kelolaan LMAN, pemasaran aset properti kelolaan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BLU, BUMN, maupun BUMD, dan pemasaran aset mitra kerja sama layanan konsultansi pemanfaatan aset negara yang dilakukan oleh LMAN.

"AESIA adalah hasil karya bersama yang merupakan platform untuk menampilkan aset-aset Barang Milik Negara berupa aset kelolaan milik LMAN, Kementerian Keuangan, dan pengguna barang atau Kementerian/Lembaga lainnya untuk menyadarkan dan mengedukasi serta memberikan pelayanan konsultansi kepada masyarakat," kata Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi.

Dia mengatakan pengguna BMN dan calon mitra kerjasama pemanfaatan aset, dapat mengakses AESIA sesuai kebutuhannya melalui laman aesia.kemenkeu.go.id. AESIA tersedia dalam versi web dan mobile yang sementara hanya dapat digunakan oleh pengguna android.

LMAN, imbuhnya, akan secara konsisten dan kontinu melakukan pengembangan yang diperlukan agar pelayanan dan inovasi optimalisasi aset negara dapat terus membaik dan menjawab tantangan serta kebutuhan ekosistem pengguna dan pengelola BMN.

Dengan demikian, aset-aset negara sebagai alat fiskal dapat dioptimalkan guna menghasilkan berbagai manfaat, baik finansial berupa pendapatan negara bukan pajak (PNBP), maupun manfaat ekonomi dan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper