Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volume Lalu Lintas Cipali Diprediksi Naik 4,89 Persen saat Libur Nataru 2023

Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan memproyeksikan volume lalu lintas pada saat libur Nataru 2022 diprediksi meningkat 4,89 persen dibandingkan tahun lalu.
Kendaraan di atas sumbu tiga atau truk diminta keluar dari tol Cipali untuk mengantisipasi lonjakan arus balik libur panjang, Minggu (4/4/2021). Bisnis-Kim Baihaqi
Kendaraan di atas sumbu tiga atau truk diminta keluar dari tol Cipali untuk mengantisipasi lonjakan arus balik libur panjang, Minggu (4/4/2021). Bisnis-Kim Baihaqi

Bisnis.com, JAKARTA - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan memproyeksikan adanya peningkatan volume lalu lintas selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Antisipasi peningkatan arus lalu lintas tersebut telah mulai dipersiapkan.

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali Sri Mulyo menjelaskan, volume lalu lintas pada saat libur Nataru diprediksi meningkat 4,89 persen jika dibandingkan dengan arus libur Nataru tahun lalu. Untuk itu, Astra Tol Cipali menyiapkan empat titik contra flow di setiap U-turn rest area, yakni di KM 86, KM 102, KM 130, KM 164.

"Kami menyiapkan skenario manajemen lalu lintas di Tol Cipali dengan melakukan contra flow di 4 titik setiap u-turn rest area. Tentunya hal ini bersifat situasional, menunggu arahan dari rekanrekan PJR yang memantau kondisi di lapangan. Hal ini merupakan salah satu bukti komitmen nyata kami dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (9/12/2022).

Adapun, arus libur Nataru 2022 yang diprediksi dibagi menjadi tiga gelombang kepadatan, yakni di 16-18 Desember, 22-25 Desember, dan 29 Desember-2 Januari 2023.

Astra Tol Cipali memaksimalkan seluruh petugas layanan lalu lintas, seperti 15 kendaraan derek, 12 kendaraan patroli, 2 kendaraan Rescue, 5 kendaraan ambulance, dan 6 unit PJR. Selain itu, untuk memastikan kelancaran arus nataru 2022, Astra Tol Cipali melakukan penambahan 4 petugas di rest area sehingga total keseluruhan petugas rest area sebanyak 20 petugas.

“Momen arus Nataru tahun ini kami manfaatkan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan dengan melakukan penambahan 4 petugas di rest area. Dengan telah dilakukannya rejuvinasi rest area tipe B di Tol Cipali, kami harap para pengguna jalan dapat merasakan kenyamanan dan keamanan saat beristirahat di tol kami," jelasnya.

Dia menambahkan, Astra Tol Cipali kesiapan tidak hanya dilakukan dalam aspek layanan dan trafik saja. Dari sisi aspek keselamatan, sejak 2021 telah rampung pemasangan sling baja atau wire rope sepanjang 106 km disepanjang Tol Cipali, baik yang menuju arah Jakarta maupun arah Cirebon.

Astra Tol Cipali juga melakukan pemasangan lampu strobo di sepanjang titik di Tol Cipali, pemasangan marka keselamatan speed reducer berupa marka dragon teeth dan marka chevron di 12 lokasisepanjang Tol Cipali sebagai rambu peringatan dan himbauan hati-hati dalam berkendara.

"Tentunya dalam menciptakan arus Nataru 2022 yang lancar, aman dan nyaman membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, baik Kepolisian wilayah, PJR dan juga seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper