Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Syarat Naik Pesawat saat Libur Nataru

Kemenhub menyebutkan syarat naik pesawat bagi penumpang jelang libur Nataru.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  12:06 WIB
Ini Syarat Naik Pesawat saat Libur Nataru
Sejumlah penumpang pesawat berjalan setibanya di Terminal 2 Kedatangan Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/1/2022). /Antara Foto-Fauzan - wsj.\r\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penumpang pesawat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan dan memenuhi syarat aturan yang berlaku selama periode libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi menuturkan kendati tahun ini tidak ada pembatasan mobilitas pada penyelenggaran Nataru, dia tetap mengimbau kepada calon pengguna jasa transportasi udara untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap memenuhi aturan persyaratan kesehatan yang berlaku.

"Aturan tersebut seperti menunjukkan surat vaksin dosis ketiga atau booster dan selalu menggunakan masker selama penerbangan," ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (8/12/2022).

Khusus untuk meningkatkan pelayanan penumpang mulai dari pre flight, in flight, dan post flight, maka Ditjen Hubud melakukan langkah peningkatan pengawasan oleh seluruh direktorat teknis kepada semua penerbangan.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi menyatakan hingga kini belum ada pembicaraan yang mengarah kepada pengetatan syarat perjalanan untuk periode akhir tahun natal dan tahun baru.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan melihat adanya potensi pergerakan dan aktivitas masyarakat yang cukup signifikan pada periode tahun baru. Prospek tersebut terlihat dari tingkat okupansi hotel di Bali yang bakal melebihi 80 persen, termasuk juga untuk pergerakan penerbangan.

Dengan mewaspadai pergerakan pada akhir tahun dan kondisi pandemi Covid,-19 yang dinamis, Luhut telah mengusulkan agar syarat booster diterapkan dalam perjalanan yang menggunakan transportasi publik.

"Pengetatan sampai sekarang belum ada. Tetap kita usulkan karena kan dinamika Covid banyak. Jadi, kami minta syarat booster dilakukan," terangnya usai konferensi pers acara Bali International Airshow, Selasa (6/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub syarat naik pesawat Natal dan Tahun Baru
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top