Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BI: Inflasi Global Baru Akan Turun Akhir 2023

Gubernur BI Perry Warjiyo menilai bahwa kenaikan inflasi menjadi gejala global sepanjang 2022.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  12:49 WIB
BI: Inflasi Global Baru Akan Turun Akhir 2023
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan kata sambutan saat pertemuan Tahunan BI, Rabu (30/11 - 2022). Dok. BPMI Setpres RI.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia atau BI menilai bahwa banyak negara yang baru akan merasakan penurunan inflasi pada akhir 2023. Artinya, kenaikan inflasi masih akan berlanjut dan terjaga pada tahun depan.

Gubernur BI Perry Warjiyo menilai bahwa kenaikan inflasi menjadi gejala global sepanjang 2022. Hingga saat ini, laju inflasi global telah mencapai 8,2 persen dan melanda bukan hanya negara maju, tetapi juga negara berkembang.

Dia menjabarkan bahwa Amerika Serikat mencatatkan inflasi hingga 8,8 persen, Inggris hingga 10 persen. Menurutnya, tingkat inflasi itu masih akan bertahan setidaknya sampai tahun depan.

"Baru kemudian akan berangsur turun, kemudian turunnya pada paruh kedua tahun depan," ujar Perry dalam seminar Proyeksi Ekonomi Indonesia 2023 yang diselenggarakan Indef pada Senin (5/12/2022) di Jakarta.

Meskipun begitu, Perry menyebut bahwa dinamika ekonomi berpotensi membuat inflasi baru akan mengalami penurunan pada penghujung tahun. Risikonya, rezim suku bunga tinggi cenderung akan terjadi sepanjang tahun depan.

"Banyak negara yang [inflasinya] baru akan turun pada kuartal IV/2022," katanya.

BI memperkirakan bahwa inflasi global akan turun menjadi 6,6 persen pada 2023. Penurunan lebih signifikan baru akan terjadi pada 2024 karena gejolak ekonomi global diperkirakan akan lebih stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi tekanan inflasi ekonomi global Bank Indonesia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top