Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Singgung Ucapan Bos IMF, Jokowi: Ekonomi RI Jadi Titik Terang!

Di depan menteri-menteri, Jokowi mengutip pernyataan bos IMF yang menyebut Indonesia adalah titik terang di tengah dunia yang gelap.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  11:32 WIB
Singgung Ucapan Bos IMF, Jokowi: Ekonomi RI Jadi Titik Terang!
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. JIBI - Bisnis / Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia patut berbangga lantaran di tengah ancaman resesi global, ekonomi Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di antara negara-negara di dunia. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Managing Director IMF (International Monetary Fund) bahkan menyebut Indonesia adalah titik terang di tengah dunia yang gelap.

Hal tersebut disampaikan Jokowi pada Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

“Managing Director dari IMF mengatakan bahwa di tengah dunia yang gelap, Indonesia adalah titik terang. Ini adalah kerja keras kita semuanya,” kata Jokowi, Kamis (1/12/2022).

Disaat rata-rata inflasi dunia berada di level 10 persen, dan bahkan mencapai lebih dari 75 persen,  tingkat inflasi di dalam negeri cukup terkendali di sekitar 5 persen.

Selain itu, kinerja ekonomi Indonesia juga cukup menggembirakan. Ekonomi Indonesia pada kuartal II/2022 tercatat tumbuh 5,44 persen secara tahunan, dan kuartal III/2022 tumbuh impresif di 5,72 persen.

Volume perdagangan domestik juga terus tumbuh hingga mencapai 58 persen, dan Indonesia mengalami surplus perdagangan selama 30 bulan berturut-turut.

Meski mampu tumbuh baik di tengah gejolak ekonomi global, Jokowi menekankan untuk tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan.

“Kita semuanya harus memiliki sense of crisis. Betul-betul siap atas segala berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi. Yang tanpa kita prediksi, yang tanpa kita hitung semuanya kita harus siap. Bukan hanya untuk mampu bertahan, tapi juga bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi imf Resesi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top