Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tahap 2 Disalurkan, Ini Cara Mencairkan BLT BBM di Kantor Pos

PT Pos Indonesia menargetkan penyaluran BLT BBM Tahap kedua akan selesai dalam 10 hari. Ini cara mencairkan BLT BBM di Kantor Pos.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 November 2022  |  18:58 WIB
Tahap 2 Disalurkan, Ini Cara Mencairkan BLT BBM di Kantor Pos
Penyaluran BLT BBM dan Sembako di Kota Tangerang oleh Pemerintah melalui Kantor Pos. Setiap Keluarga Penerima Manfaat akan mendapatkan bantuan yang diterima senilai Rp600.000 - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) tahap 2 telah disalurkan kepada 3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) atau 14 persen dari target 20,65 juta penerima melalui PT Pos Indonesia (Persero).

"Tiga hari penyaluran Rabu, Kamis, Jumat (23-25 November 2022) telah tersalurkan kepada 3 juta KPM. Rata-rata per hari kita salurkan kepada 1 jutaan KPM,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Dia menargetkan penyaluran BLT BBM Tahap kedua tersebut akan selesai dalam 10 hari yakni menjangkau seluruh penerima yang ditugaskan melalui Pos Indonesia sebanyak 20,65 juta KPM.

Haris mengungkapkan, selain BLT BBM tahap 2 periode November-Desember, PT Pos Indonesia juga menyalurkan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk triwulan IV diberikan kepada 10 juta KPM dengan besaran nominal bantuan beragam mulai Rp200.000 hingga Rp3 jutaan bergantung hak penerima.

Kemudian, Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT (bansos sembako) triwulan IV akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM, dengan nominal bantuan Rp200.000

Menurutnya, pada periode penyaluran BLT BBM kali ini sangat istimewa karena Pos menyalurkan tiga bantuan sekaligus yang mana pada tahap 2 ini berbarengan dengan penyaluran PKH dan BPNT (bansos sembako).

"Karena menyalurkan tiga bantuan, uang yang disalurkan cukup besar sehingga butuh persiapan dengan baik, mitigasi risiko terkait pengamanan,” ujarnya.

Namun demikian, dia menyatakan PT Pos Indonesia siap menyalurkan bantuan, sebab sebelumnya telah berkali-kali dipercaya menyalurkan bantuan sehingga telah memiliki pengalaman.

Terkait penyaluran BLT di wilayah 3T (terpencil, terluar, tertinggal) Haris optimistis petugas Pos telah terlatih mengatasi tantangan yang dihadapi.

“Petugas saat menerima data sudah maping (memetakan) lokasi penerima dan Kantorpos terdekatnya. Kemudian berkoordinasi dengan pemangku daerah untuk penjadwalan penyaluran. Kita menyiapkan transportasi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan aparat keamanan,” ujarnya.

Sementara itu Executive General Manager Kantor pos Cabang Utama (KCU) Denpasar, Nandi Hidayat, menambahkan penyaluran BLT BBM tahap 2, PKH, dan bansos sembako di Bali berjalan lancar.

"Hari ini kami menargetkan tersalurkan kepada lebih dari 4 ribu KPM yang tersebar di 24 desa dan kelurahan. Agar penyaluran berjalan baik, kami memperbanyak petugas juru bayar, ada sekitar 10 orang," katanya.

Berikut ini cara cek data penerima BLT BBM 2022:

Cara Daftar Cara Cek Penerima BLT BBM 

Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp12,39 triliun yang ditargetkan kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.  BLT BBM ini nantinya akan disalurkan sebanyak dua kali, dimana tiap penyaluran KPM akan menerima bantuan sebesar Rp300.000. Adapun, bantuan akan disalurkan secara tunai melalui PT Pos Indonesia.

Cara Daftar BLT BBM Rp600.000 Lewat HP

Unduh ‘Aplikasi Cek Bansos’ di Play Store atau App Store
Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
Lakukan registrasi untuk membuat akun baru dan lengkapi data diri
Jika sudah, maka Anda akan masuk ke halaman utama lalu cari dan klik menu ‘Daftar Usulan’
Kemudian klik ‘Tambah Usulan’
Anda akan diminta untuk mengisi data diri, lalu pilih jenis BLT BBM
Kemudian, unggah dua foto berisi KTP dan rumah tampak depan
Apabila pendaftaran telah selesai dilakukan, maka Anda tinggal menunggu proses verifikasi dan validasi oleh pihak berwenang.

Cara Cek Penerima BLT BBM Melalui Aplikasi

Akses Aplikasi Cek Bansos
Klik menu “Cek Bansos” untuk mencari daftar penerima BLT BBM 
Masukkan data wilayah berupa provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nama sesuai KTP lalu klik “Cari Data”
Sistem akan menampilkan secara otomatis hasil pencarian.

Cara Cek Penerima BLT BBM Melalui Situs Resmi

Kunjungi laman resmi https://cekbansos.kemensos.go.id/ 
Masukkan data diri dan alamat tempat tinggal sesuai KTP
Ketikkan delapan huruf kode chapta dan klik "Cari Data"
Jika termasuk penerima manfaat, maka identitas Anda akan muncul dalam data yang ditampilkan secara otomatis.

Cara Mencairkan BLT BBM di Kantor Pos

Menyiapkan dokumen berupa undangan pencairan yang diberikan pemerintah desa atau RT/RW setempat, KTP, dan KK
Datang ke Kantor Pos dengan radius 500 meter dari tempat tinggal sesuai jadwal yang tertera pada undangan pencairan
Ambil nomor antrean
Bila sudah gilirannya, maka serahkan dokumen yang telah disiapkan dan akan diverifikasi oleh pegawai bertugas
Anda akan segera menerima BLT BBM jika telah selesai diverifikasi.

BLT BBM pun dapat disalurkan melalui komunitas, seperti RT/RW, kelurahan, dan kecamatan setempat. Khusus penyandang disabilitas, lanjut usia, dan warga yang bermukim di wilayah 3 T (terdepan, tertinggal, dan terluar), BLT BBM akan disalurkan secara langsung ke tempat tinggal oleh PT Pos Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blt bansos pt pos indonesia

Sumber : Antara

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top