Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Presiden Suriname Terakhir Pulang dari Bali, Posko Monitoring KTT G20 Resmi Ditutup

Posko Monitoring KTT G20 Resmi Ditutup setelah melayani penerbangan pimpinan negara dan delegasi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 November 2022  |  22:28 WIB
Presiden Suriname Terakhir Pulang dari Bali, Posko Monitoring KTT G20 Resmi Ditutup
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN - Bisnis/Wibi Pangestu. 
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (persero) resmi menutup posko monitoring KTT G20 usai perhelatan akbar tersebut rampung.

Pesawat yang mengangkut Presiden Suriname menjadi pesawat pemimpin negara KTT G20 terakhir yang dilayani oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Tercatat, pada periode pelaksanaan posko pada 10 November 2022 -17 November 2022, AP I melayani sebanyak 115 penempatan pesawat delegasi KTT G20, baik pesawat utama yang mengangkut para pemimpin negara, maupun organisasi internasional peserta KTT G20, ataupun pesawat pendukung.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani pesawat delegasi KTT G20 terbanyak dengan 69 pesawat, disusul oleh Bandara Juanda Surabaya dengan 24 pesawat, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan 9 pesawat.

Kemudian, Bandara Adi Soemarmo Surakarta dengan 5 pesawat, Bandara Internasional Lombok dengan 4 pesawat, Bandara Internasional Yogyakarta dengan 3 pesawat, serta Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 1 pesawat.

Sedangkan di dua bandara pendukung lain, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, tercatat tidak ada pesawat pemimpin negara KTT G20 dan organisasi internasional yang ditempatkan di dua bandara tersebut.

Selama periode pembatasan penerbangan pada 13 November 2022 -17 November 2022, sebanyak sembilan bandara pendukung KTT G20 tercatat telah melayani rata-rata pergerakan pesawat udara sebanyak 1.195 pergerakan per hari, dengan jumlah pergerakan penumpang sebanyak 142.200 penumpang.

Sedangkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 1.622 pergerakan pesawat komersial yang terdiri dari 893 pergerakan pesawat rute domestik dan 729 pergerakan pesawat rute internasional, dengan rata-rata jumlah pergerakan pesawat sebanyak 325 pergerakan per hari.

Untuk pergerakan penumpang pesawat komersial, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencatat telah melayani sebanyak 190.470 pergerakan penumpang dengan perincian 92.750 penumpang rute domestik dan 97.720 penumpang rute internasional. Adapun rata-rata harian pergerakan penumpang yang dilayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencapai 38.094 penumpang per hari.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan dengan berakhirnya operasional Posko Terpadu Monitoring KTT G20 tersebut menandai keberhasilan AP I bersama sejumlah instansi, di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, dan stakeholders terkait lainnya dalam penanganan kedatangan dan kepulangan para pemimpin negara dan organisasi internasional pada KTT G20 yang dilaksanakan pada 15-16 November 2022 lalu.

“Selama pelaksanaan KTT G20 lalu kami telah memberikan pelayanan terbaik kepada para delegasi, dan yang tidak kalah penting kami juga telah berhasil menjaga operasional bandara, khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, agar dapat berjalan dengan baik, aman, lancar, dan tanpa menemukan kendala yang sangat berarti,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (19/11/2022).

Hal tersebut, katanya, tidak terlepas dari dukungan, koordinasi, dan komunikasi yang harmonis dari seluruh personel dari satuan tugas masing-masing.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada maskapai penerbangan, ground handling serta instansi stakeholders lainnya atas sinergi dan kerja samanya sehingga penanganan penerbangan komersial reguler dan penerbangan yang mengangkut delegasi KTT G20 berjalan dengan aman dan lancar,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KTT G20 angkasa pura i pesawat tiket pesawat
Editor : Anitana Widya Puspa
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top