Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Emiten Batu Bara Terdesak Diversifikasi, Tiga Negara Suntik Dana MRT

Emiten penambang batu bara perlu bergegas mendiversifikasikan bisnisnya terkait rencana pemeritah menutup sejumlah PLTU berbahan bakar batu bara.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 16 November 2022  |  07:34 WIB
Top 5 News Bisnisindonesia.id: Emiten Batu Bara Terdesak Diversifikasi, Tiga Negara Suntik Dana MRT
Pemerintah berencana menutup sejumlah pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara. - Canva
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana pemeritah menutup sejumlah pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara membuat emiten penambang komoditas itu perlu bergegas mendiversifikasikan bisnisnya.

Sementara itu, Korea Selatan, Inggris dan Jepang menyatakan minatnya untuk berpartisipasi dalam proyek pengembangan MRT di Indonesia.

Berita tentang percepatan penutupan PLTU Batu Bara dan pengembangan proyek MRT bersama berita lainnya dikemas bisnisindonesia.id secara analitis dan mendalam.  

Berikut, lima berita pilihan yang kami sajikan dalam Top 5 News Bisnisindonesia.id edisi Rabu, 16 November 2022.

1. Emiten Batu Bara Terdesak Segera Diversifikasi

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN dan Asian Development Bank (ADB) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk memulai pembahasan terkait dengan pensiun dini PLTU Cirebon-1 dengan kapasitas 660 megawatt (MW) yang berlokasi di Jawa Barat.

Penandatanganan itu juga mengikutsertakan mitra terkait seperti Cirebon Electric Power serta Indonesia Investment Authority (INA). Rencananya, pensiun dini PLTU milik swasta itu akan menggunakan pendanaan gabungan lewat skema energy transition mechanism (ETM).

 

2. Janji Presiden Jokowi pada Biden Cs Dorong Infrastruktur Hijau

Pembangunan infrastruktur hijau terus digaungkan pemerintah. Presiden Joko Widodo berkomitmen dalam pembangunan infrastruktur dan industri hijau di Tanah Air. 

Pemerintah Indonesia mendorong penguatan pembangunan di negara-negara berkembang. Namun, pembangunan infrastruktur di negara berkembang masih memerlukan sejumlah dukungan.

Adapun dukungan pada negara berkembang harus berupa country driven berdasarkan kebutuhan riil negara tujuan. 

Konsultasi dan dialog dengan negara penerima harus menjadi pedoman utama, serta pembangunan infrastruktur perlu memberdayakan masyarakat dan ekonomi setempat agar memiliki rasa kepemilikan yang tinggi, disertai dukungan bagi negara berkembang untuk membangun kapasitas dan kemampuan mandiri.

3. Tantangan Transisi Energi Indonesia: Listrik dan Investasi Mahal

Pekerja melakukan perawatan panel surya yang terpasang pada atap Pabrik Bogasari Cibitung saat peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022). Pengoperasian PLTS ini menjadi pilot project untuk 3 pabrik Bogasari lainnya yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan Tangerang, dan merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam menjalankan konsep Green Industry atau Industri Hijau. Bisnis/Arief Hermawan
Transisi energi menjadi suatu keharusan setiap negara di dunia demi mengatasi perubahaan iklim. Hal itu pula yang dilakukan Indonesia dengan terus menggencarkan kebijakan transisi energi dengan mengedepankan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Namun, transisi energi dari fosil ke EBT bukanlah hal yang mudah karena penuh dengan tantangan. Keamanan pasokan hingga risiko mahalnya biaya energi yang harus dikeluarkan masyarakat menjadi isu penting yang harus segera dicarikan solusinya. 

Belum lagi persoalan investasinya yang membutuhkan biaya tidak sedikit, diperkirakan bisa mencapai sekitar US$5,7 miliar per tahun. Kondisi itu diperparah dengan rendahnya ketertarikan perbankan untuk berinvestasi di bidang EBT, dengan dalih bauran energi bersih dinilai masih berisiko tinggi.

4. 'PR' Persoalan Aturan Aset Kripto di Indonesia

Aturan mengenai aset kripto di Indonesia tidak luput dalam bahasan puncak acara B20 atau B20 Summit di Bali. Persoalan aset kripto disinggung oleh bos platform kripto internasional, CEO Binance Changpeng Zhao.

Dia menyoroti beberapa permasalahan atau pekerjaan rumah Indonesia untuk mengatur bisnis aset kripto.Salah satunya mengenai pajak kripto yang kurang optimal. Dia tidak mempermasalahakan adanya pajak kripto, namun menurutnya akan optimal jika pajak rendah. 

Sebagai contoh, jika pajak dikenakan untuk transaksi US$99 atau US$100, maka pemerintah tidak akan mendapat pajak karena tidak ada yang melakukan transaksi dengan nominal tersebut. Sedangkan, dengan pajak yang rendah namun volume transaksi besar maka pemerintah akan mendapat lebih banyak dari pajak.

Meski begitu, jika pajak tidak diterapkan pada transaksi, dia menilai akan membuat transaksi menurun. 

5. Tiga Negara Suntik Dana Proyek MRT, Jokowi Minta Ngebut

Jepang dan Inggris menyatakan minatnya untuk berpartisipasi dalam proyek pengembangan fase tersebut. Kedua negara menandatangani Memorandum of Cooperation dan Letter of Intent dengan Indonesia di sela-sela KTT G20 di Bali. 

Penandatanganan dua dokumen kerja sama tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri untuk Kerja Sama Luar Negeri Jepang Satoru Mizushima, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, serta PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Dua nota kesepahaman yang ditandatangani yaitu Memorandum of Cooperation (MoC) antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang tentang kelanjutan pembangunan MRT Jakarta East-West Line (Cikarang-Balaraja) Fase 1. Indonesia juga menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan Pemerintah Inggris untuk Kerja Sama Pembangunan MRT Jakarta.

Pada hari yang sama, Korea Selatan ikut menaruh investasi pada pengembangan MRT Fase 4 lintas Fatmawati - Kampung Rambutan. Komitmen ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesia dan Korsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Top 5 News Bisnisindonesia.id batu bara ebt aset kripto mrt ekonomi hijau
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top