Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KTT G20 Beri Peluang Produk UMKM Go Global

Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah turut mendapat kesempatan untuk unjuk gigi dalam perhelatan KTT G20 di Bali.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 16 November 2022  |  01:19 WIB
KTT G20 Beri Peluang Produk UMKM Go Global
Ibu Negara Iriana Jokowi mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia. - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah turut mendapat kesempatan untuk unjuk gigi mempromosikan produk-produk unggulannya ke kancah internasional melalui kegiatan side event, FutureSMEsVillage dalam perhelatan KTT G20 di Bali.

Seperti yang dirasakan oleh lima pelaku UMKM unggulan nasabah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang turut menghadirkan produk yang diproduksi atas dasar recycling serta memanfaatkan kekayaan alam Indonesia.

Kelimanya yakni Sari Timbul yang bergerak di bidang produksi segala jenis dan dan macam kerajinan kaca tiup berupa vas bunga, asbak, gelas kaca yang beralaskan kayu ranting. MORIKAI (Moringa Kilo Asli Indonesia) yang merupakan usaha dalam pengolahan kelor berisi segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, yang juga terpilih menjadi OfficiallyMerchantG20.

Selanjunya, HERBALI usaha yang bergerak di bidang industri minuman hasil usaha penjualan jus Lemonick dan sari mengkudu (morindacitrifolia). Minuman ini dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu memperbaiki pencernaan.

PNM juga menghadirkan produk nasabah yang ramah lingkungan yaitu KENANGA BAMBAW hasil kerajian yang memanfaatkan bambu dan kelapa, seperti sedotan, Chop stick (sepit mini), tusuk bambu, mangkuk batok kelapa dan masih banyak lagi. Saat ini produk Kenanga Bambaw sudah di jual ke berbagai negara Eropa termasuk Bulgaria.

Terakhir ada KAIN SOMBU Sumba Timur, kain dengancorak tenun ikat dan songket/Pahikung Sumba Timur menggambarkan keinginan untuk memiliki hubungan baik antara manusia dengan arwah leluhur.

Tatang, Pemimipin Cabang PNM Denpasar mengungkapkan kegiatan ini tentunya menjadi angin segar bagi UMKM dalam mempromosikan produk unggulannya ke kancah Internasional. PNM juga memberikan pendampingan dan pembiayaan kepada para pelaku usaha tersebut.

“Konsistensi PNM untuk melakukan pendampingan terhadap usaha para nasabah untuk terus dapat maju usahanya, dikenal produknya dari nasional hingga internasional,” ujarnya.

Sebagai informasi, bentuk konsistensi PNM mendukung perekonomian dengan total nasabah hingga 13 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp151,6 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,1 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 4.314 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota, dan 6.632 Kecamatan. PNM memiliki outstanding sebesar Rp33,8 triliun dengan karyawan mayoritas perempuan serta berusia millennials.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 KTT G20 G20 Indonesia umkm
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top