Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BKPM dan Koalisi Ekonomi Membumi Luncurkan Panduan Investasi Lestari

Panduan investasi lestari bertujuan untuk menjadi panduan bagi para investor yang menanamkan modalnya di Indonesia terkait dengan pembangunan berkelanjutan
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 14 November 2022  |  19:25 WIB
BKPM dan Koalisi Ekonomi Membumi Luncurkan Panduan Investasi Lestari
Kementerian Investasi/BKPM dan Koalisi Ekonomi Membumi luncurkan Panduan Investasi Lestari di Bali, Senin (14/11/2022) / Dok. Kementerian Investasi - BKPM
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG - Kementerian Investasi/BKPM bekerja sama dengan Koalisi Ekonomi Membumi dan Kadin Indonesia meluncurkan Panduan Investasi Lestari (Sustainable Investment Guidelines) di sela-sela kegiatan G20 di InterContinental Bali Resort, Jimbaran, Bali pada Senin (14/11/2022).

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menuturkan, latar belakang dibuatnya panduan tersebut karena seringkali ada silang pendapat antara pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait investasi. 

Untuk itu, Bahlil mengarahkan BKPM untuk membuat sebuah panduan investasi dengan melibatkan LSM, dalam hal ini Koalisi Ekonomi Membumi.

“Kalau bisa jangan dibuat oleh Kementerian Investasi, tolong undang saudara-saudara NGO, kita minta pikiran mereka yang cerdas dan bagus, kita kolaborasi dan alhamdulilah sudah  ada panduan investasi hijau yang dibuat oleh teman-teman kami,” kata Bahlil saat merilis Sustainable Investment Guidelines, di InterContinental Bali Resort, Jimbaran, Bali pada Senin (14/11/2022).

Direktur Bidang Perencanaan dan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Imam Darmawan menuturkan, panduan tersebut bertujuan untuk menjadi panduan bagi para investor yang menanamkan modalnya di Indonesia terkait dengan pembangunan berkelanjutan.

Melalui panduan ini, investasi yang dilakukan diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat dan memajukan lingkungan di sekitarnya.

Panduan ini berlaku bagi semua investor yang menanamkan modalnya di Indonesia. Adapun metode dan indikatornya telah disesuaikan dengan standar global. 

“Ini juga memberikan keyakinan bagi pemodal dari luar negeri bahwa pelaku usaha di Indonesia sudah mengikuti standar-standar yang berlaku secara global,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui usai acara, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang menyambut baik adanya panduan tersebut lantaran menyangkut dengan lingkungan, kerja sama dengan UMKM, hingga sinergitas antar pusat dan daerah.

“Jadi panduan ini sangat positif bagi kami dari pelaku usaha. Seringkali investor tidak jadi berinvestasi karena tidak ada panduan yang jelas mengenai keberlanjutan. Ini sudah lama kita tunggu,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KTT G20 bkpm investasi ekonomi hijau
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top