Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gak Cuma Data Inflasi AS, Pasar Juga Nantikan Data Lanjutan Hari Jumat

Data ekspektasi inflasi University of Michigan yang dirilis Jumat (11/11) diperkirakan memberikan gambaran lebih jelas mengenai dampak kebijakan The Fed.
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 10 November 2022  |  16:56 WIB
Gak Cuma Data Inflasi AS, Pasar Juga Nantikan Data Lanjutan Hari Jumat
Warga Amerika Serikat (AS) berbelanja di salah satu supermarket. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Fokus pelaku pasar hari ini tertuju pada data indeks harga konsumen bulan Oktober 2022. Namun, data ekspektasi inflasi selanjutnya dipandang menjadi penentu prospek jangka panjang pasar global.

Dilansir dari Bloomberg pada Kamis (10/11/2022), investor memperkirakan indeks harga konsumen (IHK) AS turun dibandingkan bulan sebelumnya.

Di sisi lain, data ekspektasi inflasi University of Michigan yang dirilis Jumat (11/11) diperkirakan memberikan gambaran lebih jelas mengenai dampak kebijakan The Fed secara lebih luas.

Indeks ekspektasi Michigan rebound menjadi 2,9 persen pada bulan Oktober dan peningkatan lebih lanjut diperkirakan memberi tekanan lebih lanjut terhadap The Fed untuk menaikkan suku bunga lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Dalam pidatonya pada hari Kamis, Presiden The Fed Richmond Thomas Barkin menegaskan bank sentral AS tidak akan mundur dalam usaha meredakan inflasi.

"Proses kembalinya inflasi ke level normal yang lebih lama dapat mengancam stabilitas ekspektasi inflasi," katanya.

Menurut Prashant Newnaha, ahli strategi tingkat senior Asia-Pasifik di TD Securities Inc, imbal hasil obligasi AS naik jika data IHK sejalan dengan perkiraan dan ekspektasi inflasi 5-10 tahun naik ke level tertinggi sejak 2011.

"Data IHK diperkirakan tidak memicu respons pasar yang signifikan, tetapi pengujian ulang level tertinggi yang dicapai Januari dan Juni pada data University of Michigan akan menegaskan kembali bahwa kenaikan suku bunga saat ini belum memiliki dampak terhadap inflasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inflasi as Suku Bunga ekonomi as the fed
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top