Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! 10 Forum Dialog dalam Pertemuan G20 Indonesia

Forum dialog atau engagement groups meetings membahas berbagai isu secara spesifik untuk menjadi usulan ke para pemimpin G20.
Logo Presidensi G20 Indonesia/Kemenlu RI
Logo Presidensi G20 Indonesia/Kemenlu RI

Bisnis.com, JAKARTA — Rangkaian pertemuan G20 terdiri dari berbagai agenda, mulai dari pertemuan tingkat presiden, menteri, hingga kelompok kerja. Selain itu, terdapat pula forum dialog yang mengusulkan berbagai isu krusial untuk menjadi pembahasan para pemimpin negara.

Indonesia memegang keketuaan atau presidensi G20 pada tahun ini, sehingga menjadi tuan rumah dari berbagai pertemuan negara-negara anggota G20. Pertemuan itu berlangsung sepanjang tahun, hingga puncaknya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) bulan depan.

Pertemuan di setiap tingkat, baik tingkat menteri, deputi, sherpa, dan kelompok kerja akan membuahkan poin-poin usulan untuk menjadi pembahasan para kepala negara di KTT. Selain itu, poin-poin usulan pun datang dari hasil pertemuan forum dialog (engagement groups meetings).

Engagement groups meetings sebagai bagian dari G20 berisikan lembaga-lembaga dalam bidang atau konsentrasi sejenis. Mereka membahas isu-isu tertentu secara khusus, bahkan hingga ke tataran teknis, untuk menjadi pertimbangan pengambilan kebijakan para pemimpin negara.

Dilansir dari laman Kementerian Keuangan, terdapat 10 forum dialog yang menopang pembahasan berbagai isu G20. Berikut daftarnya seperti yang dihimpun Bisnis. 

10 Forum Dialog dalam Pertemuan G20 

  1. Business 20 (B20)
    Forum komunitas bisnis internasional, sebagai peran swasta dalam penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat berkelanjutan dan berimbang.
    Chair: Shinta Widjaja Kamdani
  2. Civil 20 (C20)
    Forum organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia untuk terlibat dengan pemerintah di G20 dalam menghadapi isu-isu krusial dunia.
    Chair: Sugeng Bahagijo
    Co-Chair: Fabby Tumiwa
  3. Labour 20 (L20)
    Forum yang mewakili kepentingan tenaga kerja dengan mempersatukan serikat pekerja dari negara-negara G20 dan Global Unions untuk memberikan
    masukan pada G20.
    Chair: Elly Rosita Silaban
    Co-Chair: Maria Emeninta
  4. Parliamentary 20 (P20)
    Forum yang dihadiri parliament speakers/perwakilan rakyat (legislatif) dari negara-negara G20 yang bertujuan membawa dimensi parlementer ke tata kelola global dan meningkatkan dukungan politik untuk komitmen internasional.
    Chair: Puan Maharani
  5. Science 20 (S20)
    Forum peneliti dan ilmuwan dari seluruh negara G20 yang membahas keilmuan terkait peningkatan kesehatan global.
    Chair: Satryo Sumantri Brodjonegoro
    Co-Chair: Mego Pinandito
  6. Supreme Audit Institutions 20 (SAI20)
    Forum lembaga audit tertinggi negara-negara G20 untuk mempromosikan kerjasama, memperkuat transparansi, dan akuntabilitas.
    Chair: Agung Firman Sampurna
    Co-chair: Agus Joko Pramono
  7. Think 20 (T20)
    Forum global think-tank dan para ahli untuk menyajikan analisis komprehensif terkait diskusi yang sedang berlangsung di G20 dan menghasilkan ide-ide untuk mendukung G20 dalam menghasilkan kebijakan yang konkret dan berkelanjutan.
    Chair: Djisman Simanjuntak
    Co-chair: Riatu Maria Qhibtiyyah
  8. Urban 20 (U20)
    Forum bagi para pemimpin pemerintah daerah kota-kota U20, diantaranya untuk melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan kepada para pemimpin nasional.
    Chair: Anies Baswedan
    Co-chair: Ridwan Kamil
  9. Women 20 (W20)
    Forum yang mewakili suara perempuan, mendorong pelibatan isu terkait perempuan ke dalam dokumen komitmen G20, termasuk isu pembangungan perempuan, kesertaraan gender, pertumbuhan inklusif, serta kerja sama perempuan di sektor ekonomi internasional.
    Chair: Hadriani Uli Silalahi
    Co-chair: Dian Siswarini
  10. Youth 20 (Y20)
    Forum konsultasi dan dialog para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.
    Chair: Gracia Paramitha
    Co-chair: Michael Victor Sianipar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper