Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chandra Asri Raih Peringkat Terendah Risiko ESG

Chandra Asri masuk dalam 1 persentil teratas di sub industri kimia komoditas global yang dinilai oleh Sustainalytics.
Pekerja mengoperasikan mesin di komplek pabrik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), Cilegon, Banten./Antara - Muhammad Iqbal
Pekerja mengoperasikan mesin di komplek pabrik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), Cilegon, Banten./Antara - Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA- PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri), perusahaan petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia, dengan bangga mengumumkan bahwa di Oktober 2022 perusahaan menerima skor Peringkat Risiko Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) secara keseluruhan sebesar 17,7 dari Sustainalytics.

Peringkat ini menggolongkan Perusahaan memiliki “Risiko Rendah” terhadap dampak finansial yang material dari faktor ESG, yang mana sekaligus menjadikan Chandra Asri masuk dalam 1 persentil teratas di sub industri kimia komoditas global yang dinilai oleh Sustainalytics.

Sustainalytics, sebuah perusahaan Morningstar, adalah firma independen dan terkemuka dalam bidang riset, pemeringkatan, dan data ESG yang mendukung investor di seluruh dunia dalam pengembangan dan penerapan strategi investasi yang bertanggung jawab.

Peringkat Risiko ESG Sustainalytics mengukur eksposur perusahaan terhadap risiko ESG material pada industri spesifik dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko tersebut. Cara pengukuran risiko ESG multidimensi ini menggabungkan konsep manajemen dan eksposur untuk menghasilkan penilaian risiko ESG, yaitu, skor risiko ESG total yang tidak terkelola atau Peringkat Risiko ESG, yang dapat dibandingkan di semua industri.

Presiden Direktur Chandra Asri, Erwin Ciputra mengatakan Chandra Asri senang telah mencapai Peringkat Risiko ESG persentil terendah di antara peer kami. “Kami meninjau setiap risiko dan peluang ESG yang penting bagi bisnis dan pemangku kepentingan, menyesuaikan operasi dan pengambilan keputusan kami dengan mempertimbangkan semua pemangku kepentingan,” ungkapnya seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (25/20/2022).

Lebih jauh, dia mengungkapkan mendapatkan peringkat teratas ini adalah bukti kerja keras tim yang telah fokus dan berdedikasi untuk menjalin ESG ke dalam strategi  sehari-hari, jangka menengah, dan jangka panjang. “Ini jelas menunjukkan bahwa Chandra Asri berada di jalur yang benar dalam perjalanan perbaikan berkelanjutan kami untuk keunggulan operasional kelas dunia,” ungkap Erwin.

Peringkat Sustainalytics merupakan salah satu pencapaian dalam memajukan ambisi Chandra Asri untuk meningkatkan dan mengoperasionalkan komitmen ESG perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper