Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ulang Tahun ke-77, KAI Komitmen Selesaikan Kereta Cepat dan LRT Jabodebek

KAI berkomitmen untuk menyelesaikan proyek Kereta Cepat dan LRT Jabodebek. Hal itu disampaikan saat momen HUT ke-77.
Ulang Tahun ke-77, KAI Komitmen Selesaikan Kereta Cepat dan LRT Jabodebek./Antara-Siswowidodo.rn
Ulang Tahun ke-77, KAI Komitmen Selesaikan Kereta Cepat dan LRT Jabodebek./Antara-Siswowidodo.rn

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) genap berumur 77 tahun pada hari ini, Rabu (28/9/2022). Pada perayaan hari ulang tahunnya, BUMN itu menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan dua penugasan Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodebek.

"Insya Allah KAI pasti mampu menyelesaikan dua amanah besar yang diberikan Pemerintah kepada KAI yaitu Proyek LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung," ujar Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, dikutip dari siaran pers, Rabu (28/9/2022).

Didiek menegaskan bahwa penyelesaian kedua proyek transportasi itu merupakan agenda bersama, dan merupakan fondasi dari pengembangan perkeretaapian di Indonesia.

Kedua proyek tersebut ditargetkan beroperasi pada Juni 2023. Keduanya juga direncakan bisa terintegrasi melalui Stasiun Halim.

Berdasarkan perannya, KAI merupakan pemimpin konsorsium (lead consortium) dari PT Pilar Sinergi BUMN (PSBI) yang berperan sebagai pemegang saham pemerintah Indonesia pada PT Kereta Cepat Indonesia--China (KCIC). KAI juga merupakan operator dari LRT Jabodebek.

Pada peringatan HUT kali ini, KAI mengangkat tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik. Didiek menyebut KAI bangkit lebih cepat dengan kinerja yang positif selama semester I/2022 ini.

"Sejumlah pencapaian tersebut tentunya patut kita syukuri bersama dan merupakan hasil kerja keras yang tidak akan terwujud tanpa adanya sinergitas dan kolaborasi yang kuat antara KAI dengan seluruh stakeholder," ujar Didiek.

Tidak hanya itu, Didiek juga menyebut di umur 77 tahun KAI telah mempersingkat waktu tempuh lima kereta api antarkota hingga 31 menit.

Sejumlah inovasi dan layanan baru yang diluncurkan hingga saat ini meliputi Kereta Api (KA) Taksaka rute Yogyakarta-Gambir; Open House Balai Yasa yang memperlihatkan seluk beluk bengkel kereta api; peluncuran platform robotic process automation (RPA) yaitu KAI Smart Assistant (KAISA); serta peluncuran aplikasi platform digital pengadaan barang dan jasa Rail Procurement in Digital (RAPID).

Sejalan dengan perayaan ulang tahun juga, KAI menandatangani sejumlah MoU yakni dengan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Sumitomo Corporation dan Nippon Steel Corporation, serta PT SKF Industrial Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper