Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang G20 Indonesia: Kemenhub Percepat Izin Extra Flight

Kemenhub mempercepat izin penerbangan tambahan oleh maskapai internasional seiring dengan tingginya permintaan jelang G20 Indonesia.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 September 2022  |  09:38 WIB
Jelang G20 Indonesia: Kemenhub Percepat Izin Extra Flight
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempercepat izin penerbangan tambahan oleh maskapai internasional seiring dengan tingginya permintaan jelang G20 Indonesia pada November 2022.

Plt.Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin mengatakan tak hanya membuka dan mempercepat penerbangan tambahan oleh maskapai internasional, Kemenhub juga mendorong maskapai nasional untuk memanfaatkan momentum G20 ini untuk menggenjot penumpang. Apalagi proses persetujuan penerbangan tambahan juga bisa dilakukan dengan cepat.

"Izin justru selama ini apapun penambahan rute dan frekuensi ke Bali kami berikan dan tetap tentu kolaborasi dengan otoritas bandara, operator bandara, AirNav, dan stakeholder lainnya sesuai slot yang ada," kata Nur Isnin, Rabu (28/9/2022).

Dari aspek penerbangan, Isnin menyatakan Kemenhub juga memberikan dukungan proses penyambutan dan protokoler di bandara tanpa mengabaikan proses kontrol sesuai ketentuan.

"Beberapa bandara sekitar Bali juga disiapkan untuk pesawat tamu yang perlu inap. Rute internasional kami tawarkan sesuai agreement yang ada dan kami dukung realisasinya," ujarnya.

Selain itu, dia mengungkapkan Kemenhub juga akan mendukung kelancaran dan keberhasilan beberapa acara sampingan atau side event menuju G20. Dengan demikian, hal tersebut bisa membantu kematangan persiapan di penerbangan. Khususnya di bandara yang akan mendukung penuh acara puncak pada November ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan Luhut meminta secara khusus kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar menambah tiket pesawat dan penerbangan yang terkoneksi dengan Bali menyusul tingginya tingkat permintaan jelang G20.

Luhut menyebut jumlah wisatawan ke Bali mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa bulan terakhir pascapandemi. Dia pun menerima laporan bahwa jumlah penumpang ke Bali telah meningkat lebih dari 123 persen terutama jelang penyelenggaraan G20. Alhasil, banyak yang hendak melakukan pemesanan tiket pesawat jelang G20, tapi kesulitan mendapatkan tiket.

“Saya sudah ingatkan Menhub agar booking pesawat connecting dari Singapura dan dari manapun masuk ke Bali persiapan G20 ini bisa ditambah,” ujarnya, Selasa (27/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 G20 Indonesia tiket pesawat penerbangan maskapai penerbangan Kemenhub
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top