Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Baru Diresmikan, Tol Cibitung-Cilincing Koneksikan Kawasan Industri dan Pelabuhan

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang melintas pada wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta terbagi menjadi empat seksi.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 20 September 2022  |  09:58 WIB
Baru Diresmikan, Tol Cibitung-Cilincing Koneksikan Kawasan Industri dan Pelabuhan
Gerbang tol Telaga Asih di ruas tol Cibitung-Cilincing. - Bisnis - Andi M. Arief
Bagikan

Bisnis.com, BEKASI – Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2-3 yang telah diresmikan hari ini, Selasa (20/9/2022) akan menjadi tulang punggung yang akan menyambungkan kawasan industri di timur Jakarta dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan hampir 70 persen kawasan industri berlokasi di bagian timur Jakarta membuat kehadiran ruas tersebut menjadi sangat penting.

"Ruas ini menjadi ruas yang penting karena dia mengakomodasi kawasan-kawasan penting industri yang berada di wilayah Jabodetabek bagian barat," ujarnya di Bekasi, Selasa (20/9/2022).

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang melintas pada wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta terbagi menjadi empat seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,77 Km.

Pada 2021 Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 2,6 Km sudah resmi dioperasikan.

Dengan diresmikannya Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti sepanjang 10,3 km dan Seksi 3 ruas Muara Bakti – Kanal Banjir Timur seoanjang 14,35 km maka Jalan Tol Cibitung-Cilincing hanya menyisakan Seksi 4 ruas Tarumajaya - Cilincing sepanjang 7,52 km.

Danang mengungkapkan pada ruas tersebut nantinya akan dibangun area untuk tempat peristirahatan dan aktivitas bongkar muat kendaraan barang di atas lahan seluas 40 hektare.

"Yang akan masuk ke Tanjung Priok dan selanjutnya bisa mengurangi waktu bongkar muat yang ada di Tanjung Priok. Ciri khas ini lah yang menjadikan ruas Cibitung-Cilincing ini menjadi ruas yang penting dari keseluruhan ruas Jakarta Outer Ring Road 2," jelasnya.

Semantara itu, Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono mengatakan keterlibatan perusahaan pelat merah itu dalam proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing guna memastikan daerah industri dengan pelabuhan terhubung.

Di samping itu, Arif menjelaskan masuknya Pelindo dalam konsesi itu sekaligus memastikan pembangunannya berjalan tepat waktu.

"Kargo dari pelabuhan Tanjung Priuk, khususnya kontainer itu lebih dari 60 persen dari timur jadi bagaimana ke tempat kargo itu sangat penting dan ini adalah menjadi langsung masuk ke pelabuhan dari timur jadi lebih bagus," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol cibitung-cilincing Kementerian PUPR pelabuhan tanjung priok
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top