Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1

Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja (JTSB) Seksi 1 pada hari ini, Selasa (20/9/2022).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 September 2022  |  08:47 WIB
Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1
Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1 - Bisnis / Akbar Evandio
Bagikan

Bisnis.com, KABUPATEN BEKASI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja (JTSB) pada hari ini, Selasa (20/9/2022).

"Dengan mengucap bismillah, Saya resmikan JTCC dan JTSB seksi 1 yang segera bisa kita selesaikan," katanya di Bekasi, Selasa (20/9/2022). 

Sekadar informasi, jalan tol ini menghubungkan tol Jakarta-Cikampek di Cibitung dengan Jalan tol Lingkar Luar 1 (JORR-1) di Cilincing.

Pembangunan JTCC dimulai sejak 2017. Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, yang akan memperlancar akses logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan industri di timur Jakarta dan sebaliknya.

Jalan tol JTCC sepanjang 34,7 km ini terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih, Seksi 2 Telaga Asih-Gabus, Seksi 3 Gabus Tarumajaya dan Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing. Seksi 1 telah beroperasi pada 31 Juli 2021 yang lalu. Seksi 2 dan seksi 3 akan segera dioperasikan paska peresmian ini, sedangkan seksi 4 masih dalam tahap penyelesaian, dan ditargetkan selesai dan beroperasi pada akhir 2022.

Jalan tol JTCC ini memakan biaya investasi sebesar Rp12,91 triliun dan biaya konstruksi mencapai Rp7,48 triliun.

Tidak hanya itu, Jokowi turut meresmikan Jalan Tol Serpong-Balaraja (JTSB) untuk seksi 1A yang memakan biaya konstruksi Rp985 miliar, biaya tanah Rp1,4 triliun, dan biaya investasi Rp2,9 triliun.

Untuk masa pelaksanaan seksi 1 dibagi menjadi dua tahap yaitu seksi 1A (Serpong-CBD) dengan jarak 4km, kemudian seksi 1B (CBD-Legok) yang target operasinya akan selesai pada kuartal III/2023 dengan total jarak yang dibangun 5,4 Km.

Adapun, untuk Tahap II akan dilanjutkan pada 2023-2025 dan dibagi menjadi 2 seksi, yaitu seksi 2 (Legok-Pasir Barat) dan seksi 3 (Pasir Barat-Balaraja). 

Sementara itu, jalan tol JTSB ini menghabiskan biaya konstruksi sebesar Rp6,8 triliun dan biaya investasi mencapai Rp14,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jalan tol tol serpong-balaraja tol cibitung-cilincing
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top