Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jelajah BUMN 2022: Inovasi PLTS di Desa Ala Pertamina Bantu Kebutuhan Listrik Warga

PLTS yang dikembangkan PT Pertamina (Persero) di Balkondes Karangrejo dan Wringinputih, Magelang terbukti mampu memenuhi sebagian kebutuhan listrik warga
Fahmi Ahmad Burhan
Fahmi Ahmad Burhan - Bisnis.com 17 September 2022  |  22:22 WIB
Jelajah BUMN 2022: Inovasi PLTS di Desa Ala Pertamina Bantu Kebutuhan Listrik Warga
Warga menunjukan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang terpasang di Balkondes Wringinputih, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/9). PT Pertamina (Persero) memasang jaringan PLTS dengan kapasitas 1.200 watt untuk masing-masing balai ekonomi desa (balkondes) binaan perusahaan. Adapun PLTS tersebut digunakan untuk kebutuhan lampu penerangan hingga pompa air di balkondes tersebut. - Bisnis Indonesia/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, MAGELANG - Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dikembangkan oleh PT Pertamina (Persero) di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo dan Wringinputih, Magelang terbukti mampu memenuhi sebagian kebutuhan listrik warga.

Penanggung Jawab Operasional Balkondes Wringin Putih Irvan Andhi Jatmiko mengatakan, PLTS tersebut mulai dikembangkan oleh Pertamina pada Maret 2022. Balkondes Wringin Putih mendapatkan empat panel PLTS berkapasitas 1 kilowatt peak (KWP). "PLTS mampu memberikan manfaat listrik bagi Balkondes," ujar Irvan kepada tim Jelajah BUMN untuk Indonesia, Sabtu (17/9/2022).

Ia mengatakan, PLTS tersebut mampu memenuhi kebutuhan sebagian penerangan, seperti lampu taman dan homestay di Balkondes.

Sedangkan, Balkondes Wringin Putih itu telah menjadi sumber pemasukan utama bagi badan usaha milik desa (BUMDes) Wringin Putih. Balkondes juga telah memberikan multiplier effect kepada roda ekonomi di desa.

Selain itu, PLTS memberikan manfaat edukasi energi terbarukan yang ramah lingkungan bagi warga. Sejak PLTS itu beroperasi di Balkondes, banyak warga yang tertarik menggunakan PLTS untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumahnya. "Warga pun sebenarnya ingin merasakan manfaat menggunakan PLTS setelah tahu manfaatnya," ujar Irvan.

Warga Desa Wringin Putih Nugroho Dwi Setiawan mengaku tertarik menggunakan PLTS karena menurutnya energi tersebut hemat dan ramah lingkungan. "Jadi, tidak hanya menggunakan listrik dari batu bara," katanya.

Ia berharap, ke depannya semakin banyak lagi PLTS yang menjangkau pedesaan. Selain untuk kebutuhan usaha warga, listrik dari tenaga surya itu bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik.

Direktur BUMDes Bumimulia dan pengelola Balkondes Karangrejo, Widodo juga mengatakan bahwa meskipun masih dalam tahap pengembangan awal, PLTS dari Pertamina telah bermanfaat bagi operasional Balkondes Karangrejo. "Kami fungsikan untuk pompa air," ujarnya.

Ia juga berharap ke depannya akan ada pengembangan lebih lanjut terkait PLTS di desanya. Sebab, tidak hanya Balkondes Karangrejo, warga pun ingin merasakan manfaat adanya energi terbarukan itu.

Pembangunan PLTS di desa merupakan bagian dari upaya Pertamina dalam rangka transisi menuju energi yang berkelanjutan. Upaya ini juga sebagai bentuk implementasi program Desa Energi Berdikari. Pemasangan PLTS di pedesaan juga sejalan dengan target pemerintah untuk net zero emission.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina Jelajah BUMN plts
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top