Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Serikat Buruh dari KSPN Temui Asosiasi Pengusaha, Ada Apa?

KSPN, 8 serikat buruh, menemui Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk membahas mengenai sektor ketenagakerjaan.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 12 September 2022  |  07:34 WIB
8 Serikat Buruh dari KSPN Temui Asosiasi Pengusaha, Ada Apa?
Ilustrasi buruh. - ANTARA FOTO / Raisan Al Farisi
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN), yang merupakan gabungan dari 8 federasi serikat pekerja/serikat buruh, mengeklaim kehadirannya bukan menjadi lawan dan ancaman bagi dunia usaha atau Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Presiden KSPN Nusantara Ristadi saat ini tengah mempersiapkan dan menata organisasi dalam menjalankan fungsinya untuk tetap memperjuangkan perlindungan dan kesejahteraan pekerja/buruh di Indonesia. Untuk itu KSPN perlu membangun sinergitas dan kemitraan dengan Apindo sebagai salah satu mitra kerja dalam hubungan industrial.

"Kehadiran KSPN Nusantara bukanlah menjadi lawan bagi Apindo ataupun dunia usaha, namun akan menjadi mitra yang dapat bersinergi dalam pengembangan dunia usaha dan mendukung langkah positif Apindo yang terus berkiprah dan berkontribusi positif dalam pembangunan di sektor ketenagakerjaan," kata Ristadi dalam keterangan tertulis usai pertemuan dengan Pengurus Apindo yang dilaksanakan di kantor DPN Apindo Jakarta, Minggu (11/9/2022).

Dalam pertemuan KSPN dengan Apindot, Ristadi juga menyampaikan perkembangan Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Indonesia, termasuk KSPN Nusantara yang saat ini dalam proses penataan dan pembenahan data keanggotaan untuk verifikasi ditingkat Nasional.

"Dalam pengembangan dunia usaha dan pembangunan di sektor ketenagakerjaan tersebut juga harus diimbangi dengan memperhatikan tentang perlindungan dan kesejahteraan bagi pekerja/buruh, untuk itu kami dari KSPN Nusantara siap untuk bersinergi dengan Apindo dalam hal tersebut," lanjut Ristadi.

Ristadi berharap dukungan dari Apindo, agar keberadaan KSPN Nusantara dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh afiliasinya tidak dipandang sebelah mata, dan tidak dipandang sebagai lawan atau musuh yang mengkhawatirkan kalangan pengusaha.

Menurut dia, kehadiran KSPN Nusantara adalah sebagai mitra kerja yang dapat mengembangkan dunia usaha dan untuk kesejahteraan pekerja, jadi jangan dipandang sebagai lawan atau musuh yang mengkhawatirkan bagi pengusaha.

“Justru, kehadiran KSPN Nusantara akan sangat membantu pengusaha, khususnya menjadi sarana komunikasi yang efektif dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja, kami juga meminta Apindo untuk menegur atau memberi peringatan kepada pengusaha atau perusahaan yang diduga menghalang-halangi kebebasan berserikat," ungkap Ristadi.

Sementara itu, Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, mengapresiasi atas kehadiran KSPN Nusantara di kantor Apindo untuk silaturahmi dan dalam upaya membangun sinergitas antara KSPN Nusantara dengan Apindo.

Dia berpendapat bahwa sinergitas dalam membangun hubungan industrial sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan bagi pekerja.

"Menurut kami, KSPN Nusantara diharapkan memiliki branding yang berbeda dengan serikat pekerja lainnya, yang mampu mewujudkan sinergitas dan kemitraan yang baik, untuk ikut serta menjaga dunia usaha, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan bagi pekerja," kata Hariyadi Sukamdani.

Selain itu, lanjut dia, Apindo bersedia bekerja sama dalam peningkatan skill development melalui training center, juga dapat bersinergi dalam program perumahan bagi pekerja yg dapat bekerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan, serta peningkatan kesejahteraan pekerja dengan membicarakan tentang struktur dan skala upah," pungkas Hariyadi Sukamdani di kantor Apindo Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KSPN buruh apindo pengusaha ketenagakerjaan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top