Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Airlangga: Inflasi di 27 Provinsi Masih di Atas Nasional

Tingkat inflasi di 27 provinsi tercatat berada di atas inflasi nasional yaitu 4,69 persen (year-on-year/yoy) pada Agustus 2022.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 02 September 2022  |  08:13 WIB
Menko Airlangga: Inflasi di 27 Provinsi Masih di Atas Nasional
Pedagang melayani pembeli di Pasar Karbela, Jakarta. Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mengalami deflasi 0,21 persen pada Agustus 2022 (month to month/mtm). Meski demikian, laju inflasi secara tahunan sudah menembus 4,69 persen. ANTARA FOTO - Dhemas Reviyanto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tingkat inflasi di 27 provinsi tercatat berada di atas inflasi nasional yaitu 4,69 persen (year-on-year/yoy) pada Agustus 2022.

Dia menyampaikan, secara spasial, terdapat 66 kabupaten/kota yang memiliki tingkat inflasi di atas nasional pada Agustus 2022, atau turun dari bulan sebelumnya yang tercatat di 69 kabupaten/kota.

"Secara spasial 66 kabupaten/kota inflasinya diatas nasional, dan ini turun dari 69 kabupaten/kota sementara 27 provinsi masih  di atas inflasi nasional," kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, pada Kamis (1/9/2022).

Untuk itu, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi terbatas atau rakortas untuk memperkuat sinergi, terutama bagi provinsi dengan tingkat inflasi di atas nasional.

Berdasarkan data dari Kemenko Perekonomian, sebanyak 10 provinsi tercatat mengalami inflasi di atas 6 persen. Provinsi dengan inflasi tertinggi yaitu Jambi yang tercatat 7,70 persen, diikuti Sumatera Barat 7,10 persen, Kalimantan Tengah 6,94 persen, Maluku 6,66 persen dan Papua 6,50 persen.

Kemudian provinsi Bali tercatat 6,39 persen, Kepulauan Bangka Belitung 6,37 persen, Aceh 6,33 persen, Sulawesi Tengah 6,16 persen, dan Kepulauan Riau di 6 persen.

Kendati demikian, beberapa kota tercatat mengalami deflasi, meskipun kata Airlangga, tingkat inflasi di kota-kota ini tercatat berada di atas tingkat nasional. Kota-kota yang dimaksud yakni Jambi, Sumatera Barat, Riau, Bangka Belitung, Aceh, Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Hari ini hadir gubernur Jambi sudah terjadi deflasi namun masih 7,7 persen. Gubernur Sumatera inflasinya 7,1 persen ini inflasinya juga lebih baik dari bulan lalu, demikian pula Riau 6 persen, Bangka Belitung 6,37 persen dan aceh 6,33 persen,  Sumatera Selatan 5,45 persen dan Kalimantan Tengah 6,94 persen," ungkapnya.

Berikut tingkat inflasi provinsi di Indonesia pada Agustus 2022 (YoY)

Sumber: Kemenko Perekonomian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi airlangga hartarto BPS
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top