Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iklim Investasi Migas Loyo, DPR Bocorkan Ada Perusahaan Bakal Hengkang

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno was-was ketika mendengar kabar sejumlah perusahaan migas internasional bakal hengkang dari Indonesia.
Ilustrasi blok migas
Ilustrasi blok migas

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno khawatir terkait dengan kabar yang santer beredar ihwal sejumlah perusahaan migas multinasional yang belakangan ingin melakukan divestasi hak pengelolaan blok mereka di Indonesia.

“Kalau kami dengar, mudah-mudahan ini tidak benar, kalau jadi kenyataan bahwa Exxon sendiri di Cepu kalau dapat harga yang tepat mereka akan keluar dari Indonesia dan Sakakemang juga ada potensi principal-nya akan divestasi dari blok tersebut,” kata Eddy saat diskusi daring, Kamis (18/8/2022).

Hal itu diungkap Eddy menyusul iklim investasi dan regulasi hulu migas di dalam negeri yang masih tidak kompetitif jika dibandingkan dengan negara lain. Eddy berharap pemerintah bersama dengan parlemen dapat segera merumuskan instrumen fiskal yang menarik untuk menjaga minat investor di dalam negeri.

“Jadi PR kita cukup besar kita harus melakukan berbagai hal yang akan membuat Indonesia kembali menarik di kacamata para investor terutama yang memiliki kapasitas investasi dalam skala besar,” tuturnya.

Di sisi lain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan sejumlah perusahaan migas kelas kakap yang sempat hengkang akhir tahun lalu kembali menyatakan minatnya untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi di sejumlah lapangan prospektif di Indonesia.

Arifin mengatakan manuver itu belakangan disebabkan karena disrupsi pasokan energi di tengah tensi geopolitik perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan distribusi dan harga komoditas minyak dan gas makin ketat sejak awal tahun ini.

Tak hanya itu, temuan sumber daya gas di Blok Andaman II turut menjadi faktor pendorong ketertarikan perusahaan global itu kembali ke Indonesia.

“Beberapa international company besar-besar yang dulu hengkang sekarang juga sudah mau datang lagi,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Arifin mengatakan kementeriannya juga sempat melakukan roadshow atau penjajakan rutin ke sejumlah perusahaan global itu untuk membicarakan potensi temuan sumber daya migas yang terbilang prospektif di Tanah Air.

“Sekarang hasil dari roadshow ini sudah ada respons sudah ada tanda-tanda tinggal kita bagaimana menyambutnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper