Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Jateng, Potensi Kerugian Negara Rp470 Juta

Bea Cukai menggagalkan penyelundupan setelah mendapat informasi dari Sat PJR Ditlantas Polda Jateng mengenai dugaan pengiriman rokok ilegal.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  13:55 WIB
Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal di Jateng, Potensi Kerugian Negara Rp470 Juta
Barang bukti rokol ilegal yang diamankan oleh Bea Cukai Jawa Tengah dalam penindakan yang dilakukan pada akhir pekan lalu. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bea Cukai menggagalkan penyelundupan 605.600 batang rokok ilegal di Jawa Tengah pada pekan lalu, dengan potensi kerugian negara hampir Rp470 juta dari penyelundupan tersebut.

Kepala Kantor Bea Cukai Tegal Yudi Hendrawan menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu, pihaknya memperoleh informasi dari Sat PJR Ditlantas Polda Jateng mengenai dugaan pengiriman rokok ilegal menggunakan sarana pengangkut mobil penumpang. Polisi pun mengamankan kendaraan tersebut di Gerbang Tol Adiwerna Tegal.

Benar saja, petugas menemukan adanya 270.000 batang rokok ilegal jenis sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM), dengan perkiraan nilai barang senilai Rp307 juta. Bea Cukai menghitung bahwa potensi kerugian negara dari temuan itu senilai Rp213 juta.

“Berdasarkan informasi tersebut, petugas Bea Cukai Tegal kemudian menuju lokasi tersebut. Sekitar pukul 22.00 WIB dilakukan Pemeriksaan terhadap barang bawaan pada mobil penumpang Mitsubishi Colt tersebut dan kedapatan berisi Rokok ilegal Jenis SKM dan SPM,” ujar Yudi, dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada Senin (15/8/2022).

Selain itu, penindakan terhadap rokok ilegal juga berhasil dilakukan oleh Kantor Bea Cukai Cilacap. Operasi penggagalan peredaran rokok ilegal tersebut mengacu kepada informasi adanya sebuah minibus warna putih yang mengangkut rokok ilegal dari Madura menuju Garut.

Kepala Kantor Bea Cukai Cilacap Purwanto menjelaskan bahwa pihaknya segera melakukan penyisiran dan pencarian di jalan yang dilalui target. Setelah memeriksa kendaraan itu, petugas menemukan 16.780 bungkus rokok jenis SKM tanpa pita cukai dengan merek Guci Black, Dubai, Lois, HMIN, Djava, dan Classy Bold.

"Sekitar pukul 13.00 WIB tim berhasil menemukan target yang sedang melintas di Jalan Nasional III, Cimanggu Kabupaten Cilacap. Tim segera menghentikan mobil dan melakukan pemeriksaan," ujar Purwanto.

Total barang bukti yang ditemukan sebanyak 335.600 batang rokok ilegal dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp382.584.000,00. Purwanto menyebut bahwa potensi kerugian negara dari rokok ilegal itu mencapai Rp256,3 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bea Cukai rokok ilegal Cukai Rokok
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top