Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Ini! Daftar 10 Kota Terbaik di Dunia yang Layak Huni 2022

Berikut ini 10 kota terbaik di dunia yang layak untuk dihuni 2022 versi Economist Intelligence Unit (EIU).
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  15:38 WIB
Cek Ini! Daftar 10 Kota Terbaik di Dunia yang Layak Huni 2022
Vancouver - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat tinggal. Bukan hanya selektif dalam memilih hunian ideal, kota tempat tinggal juga penting untuk mendukung aktivitas harian.

Untuk mempemudah pemilihan kota terbaik untuk tinggal, Economist Intelligence Unit (EIU) yaitu lembaga penelitian milik media Economist melaporkan Global Liveability Index 2022 yang dapat dijadikan referensi tempat terbaik untuk menetap.

Adapun penilaian kota terbaik ini berdasarkan kategori stabilitas perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, hingga infrastruktur.

Berikut daftar 10 kota terbaik di dunia yang layak ditempati:

1. Wina, Austria

Kota Wina sebelumnya juga menjadi kota terbaik pada 2018 dan 2019. Kota ini mendapatkan nilai nyaris 100 untuk keseluruhan kategori penilaian. Selain karena keindahan budaya hingga kuliner yang sempurna, pemerintah Wina membangun infrstruktur dan perumahan yang layak dan terjangkau dari negara lainnya.

2. Kopenhagen, Denmark

Kota ini terkenal dengan restoran terkemuka di dunia, kehangatan penduduk hingga lingkungan yang mendukung untuk mobilitas sepeda sehingga tak didominasi oleh kendaraan roda empat. Kopenhagen menawarkan pendidikan, perawatan kesehatan, dan stabilitas politik yang kuat dan mumpuni.

3. Zurich, Swiss

Kota Zurich merupakan kota terbesar dan terkaya yang menarik perhatian dunia. Kota ini menawarkan lingkungan tempat tinggal yang lebih baik. Selain itu, Zurich diklaim sebagai kota yang bersih, dikelola dengan baik, dan kota yang efisien.

4. Calgary, Kanada

Memiliki penilaian yang serupa dengan Zurich dari sisi penilaian kategori, Calgary menawatkan perpaduan menarik antara kota dan alam. Pasalnya di kota ini terdapat Taman Nasional Banff dan Danau Louise yang terkenal. Calgary juga dikenal dengan infrastruktur yang sangat baik.

5. Vancouver, Kanada

Vancouver menjadi kota kedua Kanada yang masuk dalam daftar ini. Kota Vancouver unggul dalam keindahan, gaya, budaya, dan keajaiban alam. Suasana di kota ini terasa bercampur pasalnya sering disinggahi oleh warga multinasional.

6. Jenewa, Swiss

Kota ini bertengger di tepi danau terbesar di Eropa. Terlebih, Jenewa menjadi rumah bagi banyak organisasi duni seperti World Trade Organization (WTO), World Health Organization (WHO), hingga Bank Dunia.

7. Frankfurt, Jerman

Kota ini dijuluki sebagai 'Mainhattan' di Jerman sebab banyak gedung pencakar langit yang menghiasi kota. Namun pesona utamanya terletak pada konsep modernitas dan kota tua yang masih mengandung unsur tradisional di banyak fasilitas umum.

8. Toronto, Kanada

Kota ketiga Kanada yang masuk dalam jajaran kota terbaik untuk ditempati di dunia. Toronto merupakan kota terbesar di Kanada. Mereka memiliki pendidikan dan perawatan kesehatan yang menjadi keunggulan. Kota ini dilingkupi oleh populasi multikultural yang sangat beragam.

9. Amsterdam, Belanda

Rumah-rumah di kota ini terlihat higgledy-piggledy atau campur aduk arsitekturnya. Jalan-jalan batuan yang dipertahankan selama lebih dari satu dekade dijadikan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Paduan sistem perawatan kesetahan dan kegiatan budaya yang kental menjadikannya cocok untuk menjadi kota terbaik untuk dihuni.

10. Osaka, Jepang dan Melbourne, Australia

Di urutan ke-19, EIU memilih dua kota ini karena memiliki nilai yang serupa. Osaka meruakan metropolis yang stabil dan aman untuk tinggal. Seluruh fasilitas publik hingga infrastrukturnya berkualitas.

Sementara Melbourne unggul dalam pendidikan juga fasilitas umum yang aman untuk keluarga. Hal ini menjadikannya sebagai kota terbaik untuk dijadikan tempat hunian masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti kota rumah
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top