Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Hijau, Pemerintah Rancang Peta Jalan Tranformasi Ekonomi

Pemerintah tengah merancang peta jalan transformasi ekonomi untuk mewujudkan ekonomi hijau. Rancangan itu ditarget rampung pada 2023.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  14:49 WIB
Ekonomi Hijau, Pemerintah Rancang Peta Jalan Tranformasi Ekonomi
Sejumlah pengendara melintas di kawasan taman Titi Banda, Denpasar, Bali, Jumat (15/5/2020). - Antara/Nyoman Budhiana\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah tengah menggodok peta jalan transformasi ekonomi nasional ditarget rampung pada  awal 2023. 

Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Taufik Hanafi, menjelaskan terdapat sedikitnya 6 obyektif yang akan dipetakan strategi realisasinya oleh pemerintah.

Meliputi, meningkatkan human capital, meningkatkan produktivitas ekonomi, menerapkan prinsip ekonomi hijau, mengakselerasi tranformasi digital, menciptakan integrasi ekonomi domestik, serta pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tujuannya meningkatkan produktivitas berbagai sektor usaha dan menguatkan nilai tambah industri," kata Taufik saat menjadi pembicara pada "National Development Policymaking on Decarbonization to Achieve Clean and Affordable Electricity" di Bali, Senin (8/8/2022).

Taufik menjelaskan implementasi strategi tranformasi ekonomi tersebut terlebih dahulu akan diterapkan di Bali. Sebagaimana diketahui, ekonomi Bali sangat terpukul oleh pandemi Covid-19.

Penerapan awal di Bali cukup beralasan. Sebab, Pulau Dewata mengalami pukulan hebat karena pandemi Covid-19 yang mematikan denyut nadi perekonomian daerah, yakni pariwisata.

Pada periode low season, tingkat okupansi hotel berbintang di Bali bahkan bisa anjlok hingga ke kisaran level 5-12 persen pada 2021 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

Pada tahun yang sama, tepatnya Juni 2021 yang merupakan high season di sektor pariwisata, tingkat okupansi hotel berbintang di Bali hanya terangkat hingga ke level 22,61 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi hijau peta jalan industri Pariwisata pariwisata bali industri pariwisata
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top