Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Presiden, Ini 5 Fokus Wickremesinghe Bawa Sri Lanka Keluar dari Krisis Ekonomi

Wickremesinghe akan fokus pada program dana talangan dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan mencoba meredakan aksi demonstrasi yang semakin keras.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 26 Juli 2022  |  16:39 WIB
Parlemen Sri Lanka telah memilih Ranil Wickremesinghe sebagai presiden baru meskipun ditentang keras oleh publik sejak pencalonannya, Rabu (20/7/2022). - Istimewa
Parlemen Sri Lanka telah memilih Ranil Wickremesinghe sebagai presiden baru meskipun ditentang keras oleh publik sejak pencalonannya, Rabu (20/7/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe yang baru diangkat perlu bekerja dengan cepat agar terhindar dari nasib pendahulunya. Hal ini mengingat dirinya juga mendapat kecaman dari warga yang marah, karena dianggap turut bertanggung jawab terhada krisis ekonomi yang terjadi di negara tersebut.

Pada masa awal jabatannya, Wickremesinghe akan fokus pada program dana talangan dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan mengamankan dana bantuan dari negara-negara sahabat untuk mengakhiri krisis bahan pokok yang telah menghentikan kegiatan ekonomi dan mendorong inflasi mendekati 70 persen.

Dia juga berusaha untuk memadamkan protes jalanan yang terorganisir dengan baik. Presiden baru telah menempatkan Sri Lanka di bawah aturan darurat, yang membuat pasukan keamanan dapat menahan dan menangkap warga yang dianggap mengganggu keamanan.

Jumat pagi pekan lalu (22/7/2022), hanya sehari setelah dia dilantik, Wickremesinghe mengirim militer dan polisi untuk membersihkan lokasi protes utama, yang kemudian berakhir ricuh.

Wakil presiden senior penilitian Asia Securities Ltd. Lakshini Fernando mengatakan kesan pertama dari pemerintahan Ranil kurang baguns.

“Tetapi jika dia fokus pada kebutuhan mendesak warga, itu mungkin mengurangi tekanan. Ini adalah proses yang panjang. Ranil bagus dalam proses yang panjang ini,” ungkap Fernando seperti dikutip Bloomberg, Selasa (26/7/20222).

Wickremesinghe telah memaparkan komitmennya untuk mengeluargan Sri Lanka dari krisis ekonomi. Berikut ringkasan sejumlah langkah yang akan ia lakukan dalam waktu dekat, seperti dilansir Bloomberg:

     

    1 dari 6 halaman

    Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

    Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

    sri lanka imf krisis ekonomi
    Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
    Bagikan

    Artikel Terkait



    Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top