Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Paxel Rilis Tarif Flat Sameday Rp15.000 Area Joglosemar

Paxel merilis tarif flat sameday untuk area Joglosemar senilai Rp15.000.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 23 Juli 2022  |  18:34 WIB
Paxel Rilis Tarif Flat Sameday Rp15.000 Area Joglosemar
Ilustrasi jasa kurir
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Paxel merilis tarif flat sameday delivery antarkota Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) yakni hanya Rp15.000.

EVP Growth & Marketing Paxel Rezka Ilhamsyah menjelaskan tarif flat sameday delivery dirilis untuk mendorong pemulihan ekonomi. Salah satu pendorongnya ialah melalui UMKM daerah.

Bank Indonesia menyebutkan wilayah Jateng dan Jatim memiliki pertumbuhan ekonomi yang positif dalam periode kuartal I/2022 sebesar 5,16 persen dan 5,20 persen.

Hal ini kemudian menjadi landasan Paxel untuk mengoptimalkan perputaran ekonomi daerah dalam bentuk tarif flat antarkota yang sangat terjangkau, khususnya region Joglosemar.

Menurutnya dengan tarif flat sameday delivery antarkota Joglosemar diharapkan dapat mendongkrak ekonomi daerah melalui penjualan para UMKM di daerah setempat.

“Dengan biaya Rp15.000, seller dapat mengirimkan jenis paket ukuran small, medium dan large misalnya dari Yogyakarta menuju Solo atau ke luar kota seperti dari Semarang ke Surabaya," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (23/7/2022).

Dengan pengiriman seperti pakaian atau frozen food, ini sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis.

Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita menjelaskan adanya Pandemi Covid-19 telah membentuk kebiasaan baru di antara masyarakat untuk mengirimkan makanan antar kota. Tidak terbatas hanya di dalam kota. Pada saat bersamaan, Paxel juga menangkap potensi UKM Kuliner di daerah juga memiliki potensi besar dan selama ini terhambat karena tidak adanya pengiriman cold chain antar kota yang dibutuhkan.

Melihat kondisi tersebut, para pelaku logistik, termasuk Paxel juga tertarik untuk mengembangkan last mile cold chain ke seluruh Indonesia. Zaldy memaparkan volume pengiriman Paxel dari segmen frozen food pada 2021 naik sebesar 56 persen dibandngkan dengan pada 2020. Pada Semester I/2022 ini, volume tersebut bahkan telah tumbuh hingga 83 persen dibandingkan dengan pada Semester I/2021

“Paxel berharap dapat tumbuh di atas 50 persen setiap tahunnya. Strategi pertumbuhan akan didorong dengan kolaborasi logistik lainnya agar bisa bertumbuh dengan cepat dan juga membangun sistem dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik,” ujarnya.

Guna mengimbangi pertumbuhan bisnis cold chain saat ini, Paxel juga akan berekspansi ke 30 kota lainnya pada 2022 ini. Mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Sorong. Zaldy pun berharap ekspansi bisnis tersebut dapat dibarengi dengan membaiknya akses transportasi di luar Jawa.

Pasalnya, dia menilai, saat ini prospek pertumbuhan bisnis cold chain juga masih diwarnai dengan tantangan distribusi melalui udara yang berbiaya tinggi serta masih banyaknya peralatan cold chain yang masih harus impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Paxel logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top