Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini TPA Warloka yang akan Diresmikan Presiden Jokowi Besok

TPA Warloka merupakan salah satu tempat pengelolaan sampah terpadu yang difungsikan untuk mengolah sampah di kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  20:38 WIB
Ini TPA Warloka yang akan Diresmikan Presiden Jokowi Besok
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tengah meninjau fasilitas sistem pengolahan sampah terpadu Warloka, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/7/2022). Bisnis.com - Muhammad Ridwan.
Bagikan

Bisnis.com, MANGGARAI - Tempat pemrosesan akhir (TPA) Warloka rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (21/7/2022).

TPA Warloka merupakan salah satu tempat pengelolaan sampah terpadu yang difungsikan untuk mengolah sampah di kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat.

TPA Warloka dibangun di atas lahan 0,2 hektare (ha) dengan nilai investasi Rp46,6 miliar. Proyek itu telah dikerjakan sejak Agustus 2020 dan telah rampung pada November 2021.

TPA Warloka dioperasikan guna mengolah sampah dengan kapasitas 20 ton per hari yang nantinya dilebur menjadi abu sebanyak 2 ton per hari.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan fasilitas tersebut dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah wisatawan di Labuan Bajo.

"Saya kira ini sudah bagus untuk menghadapi lonjakan pariwisata yang akan menggeliat," ujarnya saat meninjau TPA Warloka, Rabu (20/7/2022).

Basuki mengatakan sampah yang diolah di TPA Warloka merupakan sampah anorganik yang telah dipilah untuk nantinya dilebur menjadi abu.

Dia menjelaskan, abu hasil peleburan tersebut dapat digunakan sebagai bahan bangunan yang memberikan nilai tambah.

"Di manapun tempar Borodubur berapa TPST kita sediakan, karena tidak akan ada yang datang ke tempat wisata kalau tempatnya tidak bersih, dan sanitasinya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tpa labuan bajo Jokowi presiden Presiden Joko Widodo basuki hadimuljono
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top