Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Airport Tax Naik, Ini Deretan Pengembangan Bandara AP II

AP II telah melakukan pengembangan bandara sebelum tarif airport tax naik.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  11:49 WIB
Airport Tax Naik, Ini Deretan Pengembangan Bandara AP II
Sejumlah penumpang pesawat berjalan setibanya di Terminal 2 Kedatangan Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/1/2022). /Antara Foto-Fauzan - wsj.\r\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II telah melakukan pengembangan sejumlah bandara yang menjadi alasan penyesuaian tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U), sehingga airport tax naik.

VP of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika juga menuturkan penaikan airport tax dilakukan karena sudah sekitar dua hingga enam tahun tidak mengalami penyesuaian. Adapun, penyesuaian tarif dilakukan untuk meningkatan fasilitas dan layanan di seluruh bandara yang dikelola perseroan.

“Peningkatan fasilitas dan layanan dilakukan sebagai upaya AP II memberikan customer experience dan seamless journey experience terbaik bagi penumpang pesawat,” ujarnya, Senin (18/7/2022).

Dia menjelaskan AP II akan melakukan penaikan airport tax di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu, Bandara Fatmawati Soekarno, Bandara Radin Inten II, dan Bandara HAS Hanandjoeddin, mulai 1 Agustus 2022.

Kendati demikian, penaikan tarif tersebut juga diimbangi dengan beberapa pengembangan bandara yang telah dilakukan AP II beberapa waktu sebelumnya.

Ini Deretan Pengembangan Bandara AP II:

1. Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang)

AP II melakukan revitalisasi di Terminal 2 guna meningkatkan kapasitas dari 9 juta penumpang/tahun menjadi 18 juta penumpang/tahun.

Peningkatan kapasitas ini diikuti dengan peningkatan fasilitas dan layanan guna kenyamanan penumpang pesawat, seperti Virtual Customer Assistant (VICA), modernisasi atau peremajaan sejumlah fasilitas penunjang layanan kepada penumpang seperti misalnya penggantian garbarata, dibukanya fasilitas umum seperti kidzone dan rest area, serta renovasi fasilitas umum dan fasilitas ibadah.

AP II membangun Terminal 3 sebagai terminal terluas di Indonesia berkapasitas 25 juta penumpang/tahun, dilengkapi fasillitas modern dan penggunan teknologi terkini.

Terminal 1, 2 dan 3 serta Stasiun Kereta Bandara terintegrasi dengan baik melalui kereta layang (Skytrain) yang merupakan moda berbasis rel guna mempermudah mobilitas orang.

2. Bandara Kualanamu (Deli Serdang)

Bandara Kualanamu secara berkelanjutan melakukan peningkatan, di mana sejak 2019 di antaranya fasilitas untuk mendukung operasional kereta bandara, implementasi fasilitas smart airport, renovasi fasilitas umum, serta penyesuaian fasilitas di tengah pandemi.

3. Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Bandara Radin Inten II (Lampung), Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung)

AP II mengelola ketiga bandara ini sejak 2019 dan langsung melakukan peningkatan fasilitas dan pelayanan di area komersial, fasilitas umum, fasilitas ibadah, fasilitas penunjang layanan penerbangan seperti FIDS, garbarata, fasilitas transportasi darat, serta sarana dan prasarana lain untuk kenyamanan penumpang di terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airport tax bandara angkasa pura ii ap ii
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top