Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Naik Kereta Api Wajib Booster, Cek Lokasi Tes Antigen dan Vaksinasi Gratis di Jakarta

KAI telah menyediakan layanan rapid test antigen dan vaksin booster gratis di sejumlah stasiun di Jakarta. Cek jadwal dan lokasinya berikut ini.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 17 Juli 2022  |  16:47 WIB
Naik Kereta Api Wajib Booster, Cek Lokasi Tes Antigen dan Vaksinasi Gratis di Jakarta
Situasi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, menjelang larangan mudik pada Rabu (5/5/2021). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku perjalanan dengan moda kereta api yang belum mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster diwajibkan menyertakan hasil negatif Covid-19 rapid antigen atau RT-PCR mulai hari ini, Minggu (17/7/2022).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta telah menyediakan layanan rapid test antigen sekaligus vaksinasi Covid-19 gratis di sejumlah stasiun.

Sebelumnya, KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan layanan rapid tes antigen di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Sejalan dengan berlakunya kewajiban vaksin booster mulai hari ini, layanan rapid test antigen ditambah di Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Cikampek.

"Mulai Minggu 17 Juli 2022 Daop 1 Jakarta menambah empat lokasi layanan antigen di Stasiun Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui siaran pers, Minggu (17/7/2022).

Eva menyebut sejak berlakunya aturan baru perjalanan dengan moda kereta api hari ini, sudah ada dua penumpang yang batal berangkat karena memiliki hasil antigen positif dan belum memenuhi persyaratan vaksin.

Untuk bisa memanfaatkan layanan rapid test antigen di enam stasiun tersebut, calon penumpang wajib menunjukkan bukti transaksi tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP. Tarif tes Covid-19 di stasiun KAI Daop 1 yakni Rp35.000 dan berlaku untuk 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Berikut informasi jadwal layanan operasional antigen di enam stasiun area Daop 1 Jakarta :

1. St Gambir : Pkl 06.00 - 22.00 WIB;

2. St Pasar Senen : Pkl 05.00 - 22.00 WIB;

3. St Bekasi : Pkl 08.00 -  18.00 WIB;

4. St Cikarang : Pkl 07.00 - 17.00 WIB;

5. St Karawang : Pkl 08.00 - 17.00 WIB;

6. St Cikampek : Pkl 07.00 - 13.00 WIB dan Pkl 17.00 - 23.00 WIB.

"Jika pada saat melakukan pemeriksaan di stasiun penumpang memiliki hasil positif maka tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai. Proses pengembalian akan dibantu oleh petugas," ujarnya.

KAI Daop 1 Jakarta menyarankan agar calon penumpang yang akan melakukan antigen di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan, untuk dapat mengatur waktu keberangkatan menuju stasiun guna menghindari risiko tertinggal kereta.

Selain rapid tes antigen, layanan vaksin Covid-19 gratis dengan jenis Pfizer dan Sinovac disediakan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Masyarakat khususnya calon pengguna yang akan melakukan vaksin di stasiun diwajibkan membawa kartu identitas KTP atau Kartu Keluarga bagi anak usia di bawah 17 tahun.

Untuk diketahui, persyaratan perjalanan dengan moda perkeretaaapian yang baru mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan No.72/2022.

Pelanggan kereta api jarak jauh (KAJJ), termasuk yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, berusia di atas 17 tahun dan belum mendapatkan vaksin booster wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat keberangkatan, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Booster Vaksin Covid-19 kereta api pt kai swab antigen
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top