Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemnaker Gelar Job Fair Pertama Khusus Penyandang Disabilitas

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama PT Disabilitas Kerja Indonesia menggelar bursa kerja khusus bagi penyandang disabilitas untuk pertama kalinya di Indonesia.
Pencari kerja duduk di lantai saat mengikuti Bursa Kerja Nasional di JIexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/3)./Antara-Ade Trilaksono
Pencari kerja duduk di lantai saat mengikuti Bursa Kerja Nasional di JIexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/3)./Antara-Ade Trilaksono

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar job fair atau bursa kerja pertama khusus bagi penyandang disabilitas di Gedung Pusat Pasar Kerja, Jakarta, selama dua hari sejak Selasa hingga Rabu, 12 dan 13 Juli 2022.

Job fair tersebut terwujud melalui Pusat Pasar Kerja (Pasker ID) dan kerja sama dengan PT Disabilitas Kerja Indonesia (PT DKI). 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada mitra kami, PT Disabilitas Kerja Indonesia, Australian Volunteers, ILO, Pusat Pasar Kerja, yang telah menggelar event yang bertujuan memberikan ruang yang sama kepada penyandang disabilitas terhadap akses kehidupan yang layak melalui pasar kerja," kata Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi, saat membuka Job Fair Walk-in-Interview Disabilitas Kerja Indonesia di Jakarta, Selasa (12/7/2022). 

Dia mengatakan pemerintah memiliki komitmen tinggi dalam memberikan keberpihakan kepada penyandang disabilitas. Mulai dari sisi regulasi, di mana dalam UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, telah ditekankan afirmasi kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas baik di sektor publik maupun swasta.

Kemudian dari sisi kebijakan, isu pasar kerja inklusif juga terus digaungkan hingga ke forum Employment Working Group (EWG) G20, di mana isu penyandang disabilitas dijadikan salah satu isu prioritas EWG.

"Isu yang kita dorong dalam EWG adalah membuat pasar kerja inklusif yang berlaku kepada siapa saja, utamanya memberikan afirmasi, keberpihakan kepada penyandang disabilitas," ujarnya.

Anwar Sanusi pun berharap job fair ini menjadi pelopor dan pemantik semangat seluruh stakeholders di Indonesia untuk menggelar job fair atau bursa kerja yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas. 

"Saya berharap ini adalah awal dan ada banyak lagi bursa kerja yang diselenggarakan bagi penyandang disabilitas," ujarnya. 

Adapun, job fair ini bertujuan untuk membantu pencari kerja penyandang disabilitas mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan jenis disabilitasnya.

Kepala Pusat Pasar Kerja Muchamad Yusuf mengatakan sebanyak enam perusahaan mengikuti mini job fair dengan harapan dapat melibatkan 200 pencari kerja penyandang disabilitas.

"Kemudian dari sisi demand kita juga membantu agar mendapatkan talent-talent yang sesuai kebutuhan perusahaan," katanya.

Founder PT DKI Hasnita Taslim menambahkan, job fair khusus yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia tersebut merupakan pilot project dari PT Disabilitas Kerja yang merupakan inisiator, sekaligus penyelenggara job fair khusus disabilitas.

"Job fair ini bertujuan membangun public awareness on equal employment opportunity dan memberikan kesempatan bagi pencari kerja disabilitas di Jabodetabek, untuk dapat mendaftarkan atau membawa lamaran kerja pada perusahaan kami, sehingga perusahaan kami dapat membantu dalam proses rekrutmen," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper