Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lapor ke DPR, Sri Mulyani Ungkap Realisasi Program PEN Semester I/2022 Capai Rp124,5 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan realisasi Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) mencapai Rp124,5 triliun pada semester I/2022.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  14:25 WIB
Lapor ke DPR, Sri Mulyani Ungkap Realisasi Program PEN Semester I/2022 Capai Rp124,5 Triliun
Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan rancangan APBN 2021 dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12/2020) - Foto: Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Keuangan mencatat realisasi Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) mencapai Rp124,5 triliun pada semester I/2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, dari realisasi tersebut, anggaran yang telah disalurkan untuk bidang kesehatan mencapai Rp29,4 trilliun.

“Untuk realisasi PC-PEN, tahun ini semester I dari Rp455,6 triliun, terealisasi Rp124,5 triliun, untuk kesehatan Rp29,4 triliun, terutama untuk pembayaran berbagai klaim pasien dari mulai tahun lalu dan yang sudah terverifikasi, serta insentif tenaga kesehatan,” katanya dalam rapat kerja bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Jumat (1/7/2022).

Sri Mulyani menjelaskan, realisasi anggaran PC-PEN untuk bidang perlindungan masyarakat mencapai Rp60,2 triliun.

Realisasi anggaran tersebut terutama dimanfaatkan untuk penyaluran bantuan sosial dan bantuan pemerintah lainnya dalam rangka mempertahankan daya beli masyarakat akibat pandemi serta kenaikan harga.

Di samping itu, telah terealisasi juga anggaran Rp34,9 triliun untuk bidang penguatan pemulihan ekonomi, antara lain dimanfaatkan untuk dukungan UMKM, insentif perpajakan untuk dunia usaha, serta tagging anggaran kementerian dan lembaga untuk program padat karya, dukungan pariwisata, dan ketahanan pangan.

Sri Mulyani menyampaikan, pemerintah dalam hal ini akan terus memantau Program PC-PEN dan disesuaikan dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 serta perkembangan ekonomi.

Secara keseluruhan, Kementerian Keuangan mencatat realisasi belanja pemerintah pusat mencapai Rp876,5 triliun pada semester I/2022, tumbuh sebesar 10,1 persen secara tahunan.

Sri Mulyani menambahkan, proyeksi realisasi belanja pemerintah pada semester II/2022 akan sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dalam menghadapi kondisi global dan efektivitas pelaksanaan program PEN, serta kebijakan untuk penebalan perlindungan sosial dan subsidi energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn kemenkeu sri mulyani Pemulihan Ekonomi Nasional
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top